Pengamanan Pagelaran Wayang Golek Oleh Polsek Banjarwangi

82

Kilas Garut News-Polsek Banjarwangi Polres Garut melaksanakan kegiatan pengamanan dalam rangka pagelaran wayang golek Putu Giriharja2.

Pagelaran seni wayang golek dengan dalang saudara Naoval Kotea Sunarya diselenggarakan dalam rangka memeriahkan acara pernikahan warga desa Mulyajaya kecamatan Banjarwangi.

Kapolsek Banjarwangi Iptu Amirudin Latif menyampaikan “dalam rangka mengantisipasi gangguan kamtibmas, sehubungan dengan adanya kerumunan masyarakat yang menonton pagelaran wayang golek tersebut, yang berpotensi adanya tindak kejahatan maka kehadiran polisi sangat diperlukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat agar semua dapat berjalan dengan tertib dan aman. “ Ujarnya.

Kegiatan pagelaran wayang golek ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2022 mulai pukul 21.00 Wib sampai dengan selesai bertempat di Kampung Cigombong Desa Mulyajaya Kec. Banjarwangi Kab. Garut.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Banjarwangi Iptu Amirudin, S.H., bersama anggota, Kepala Desa Mulyajaya Wawan, S. Pd., Tokoh Masyarakat tokoh Agama Desa Mulyajaya, Bhabinkamtibmas dan Warga Masyarakat Desa Mulyajaya

“Adapun maksud dan tujuan kegiatan pagelaran wayang golek ini disamping untuk memeriahkan acara pernikahan warga desa Mulyajaya, juga untuk, mengangkat dan melestarikan budaya Sunda. Dan meyakinkan bahwa budaya bisa berjalan bersama beriringan dengan agama.” Ungkap Kapolsek.

Berikutnya Kapolsek menyampaikan “kegiatan ini dapat mendorong masyarakat agar bisa ikut menjaga nilai-nilai budaya sunda yang sekarang mulai luntur. Dan setiap pagelaran Wayang bisa disisipkan pesan moral tentang ketauhidan ,ajaran agama dan juga pesan moral tentang keamanan, ketertiban masyarakat dan untuk tidak menganggap pagelaran wayang sebagai sesuatu yang Haram. karena wayang adalah budaya Bangsa.” Ujar Kapolsek

Disela-sela pagelaran Kapolsek menghimbau “ agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban di lingkunganya masing-masing, saling menghargai dan menghormati, jaga kerukunan dengan tetangga, jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, dengan harapan dapat hidup tentram dan damai.” Ungkap Kapolsek.(Deden Kurnia*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here