KASN Gelar Pembinaan Seleksi JPT di Kabupaten Garut

36

Kilas Garut News – Bupati Garut, Rudy Gunawan menghadiri undangan kegiatan Pembinaan Panitia Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah yang diadakan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), di Ballroom Hotel Harmoni, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jum’at (8/10/2021).

Bupati Garut, Rudy Gunawan,  berterimakasih atas kepercayaan Ketua KASN yang telah menjadikan Kabupaten Garut sebagai tempat dilaksanakannya Pembinaan Seleksi Pengisian JPT.

“Karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting, apalagi saya merasakan sebagai Pembina Kepegawaian Daerah bahwa kami sangat terbantu dengan adanya PP 11 Tahun 2017 (Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil) sebagai salah satu implementasi dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 (Tentang Aparatur Sipil Negara) yang tentu ini juga membawa dampak perubahan bagi manajemen Pemerintah Daerah dalam rangka pelaksanaan pemerintahan di daerah,” ucap Bupati Garut.

Rudy menuturkan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa memperbaiki sistem penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia khususnya di Kabupaten Garut melalui merit system.

“Tentu saya berharap bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak bagi kita semua bahwa kita mempunyai komitmen sebagaimana RPJMN bahwa merit system merupakan bagian yang harus segera diwujudkan untuk dapat memberikan solusi terbaik bagi kualitas penyelenggaraan pemerintahan,” lanjutnya.

Ia berharap para panitia seleksi (pansel) bisa memperhatikan fungsi-fungsi lain dari kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) seperti mengelola anggaran, serta pelaksanaan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) yang bisa memberikan dampak terutama di masa pandemi sekarang ini.

“Kami mempelajari bahwa kesejahteraan rakyat ini ditentukan oleh kemampuan pejabat tinggi pratama. Karena mereka pada hakekatnya yang melakukan strategi pada proses penganggaran. Karena para pejabat tinggi pratama adalah sebagai pengguna anggaran dan sebagai yang mengelola barang,” ujar Rudy Gunawan.

Sementara itu, Ketua KASN, Prof. Agus Pramusinto yang hadir secara virtual berterimakasih kepada Kabupaten Garut yang telah memfasilitasi kegiatan sharing pengalaman terkait penerapan sistem merit dalam seleksi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi.

“Seperti mana kita ketahui bahwa dengan adanya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 bergeser dari sistem manajemen ASN yang dulunya mungkin lebih banyak diwarnai kalau istilahnya scoring sistem menuju ke merit sistem di mana pemilihan atau pengangkatan, promosi dan sebagainya bagi ASN itu berbasis kompetensi kinerja dan kualifikasi tentu saja integritas tetap menjadi poin nomor satu,” kata Agus.

Ketua KASN menuturkan, pansel merupakan kunci yang bisa membantu para PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) yaitu kepala daerah agar bisa mendapatkan orang-orang yang terbaik, kompeten dan berkualitas untuk menduduki jabatan tinggi.

“Kami berharap dengan sharing ini pemahaman kita semua sama dan kami menekankan juga bagaimana peran para pansel ini kayak gitu. Yang berasal dari internal delegasi maupun yang berasal dari luar delegasi sekali lagi bisa membantu dan bekerja secara professional,” pungkasnya.(Red*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here