Wabup Helmi Buka Acara Gelar Budaya Milangkala ka 14 Yang di Gelar Asgar Buana Nusantara

74

KILASGARUTNEWS | Beragam seni ditampilkan Asgar Buana Nusantara dipagelaran budaya dalam rangka milangkala ka 14 yang mengusung tema “Ngarumat Ngarawat Budaya Karuhun Sunda”yang bertempat di lapang Otista,Alun -alun Garut Jawa barat.Sabtu (23/9/2022).

Berlangsungnya acara setelah dibuka oleh Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman,dan ia menilai bahwa kegiatan ini cukup meriah apalagi diwarnai beragam seni diantranya Pencak Silat,Debus sampai kesenian budaya asli Garut lainya.

Tentunya,kami sangat bangga dengan adanya acara gelar budaya yang dilaksankan oleh Asgar Buana Nusantara dalam rangka milangkala ke 14.

Ia berharap,agar kita semua dapat “ngamumule,ngarawat terhadap apa yang menjadi seni serta budaya khususnya orang Garut ini yang hal itu sesuai dengan tema yaitu “Ngarumat Ngarawat Budaya Karuhun Sunda”harapnya.

Sementara itu,Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sekdisparbud) Mamun menyampai kan, berkaitan dengan seni budaya ini yang diperkenalkan dengan proses tersebut tentu kami sangat apresiasi dan sangat menghargai atas inisiatif dan prakarsa budaya yang diselenggarakan oleh Asgar Buana nusantara”ucapnya.

Karena,lanjutnya, pembangunan kebudayaan itu kan tanggung jawab bersama yaitu pemerintah dan juga masyarakat dalam hal ini adalah komunitas kebudayaan termasuk Asgar Buana Nusantara.

Apalagi pelaksanaan itu dapat dilaksanakan secara mandiri tanpa, misalnya, anggaran dari pemerintah tapi mereka menjalankan kegiatan dengan lancar. Dengan hal itu diharapkan para komunitas itu ada. Mereka bisa membangun kegiatan bagaimana seni budaya dan sosial masyarakat.

Terkait dengan seni budaya semua itu ada di Dinas Pariwisata,dan kita akan mengikuti para pelaku budaya termasuk yang ada di bawah koordinasi pasar badan usaha peningkatan SDM yang berkait baik, yang berkaitan dengan bagaimana atau dalam hal ini adalah yang mengatur maupun SDM, yang berkaitan dengan keahlian di bidang seni dan budaya tentunya terhadap para yang ada didalamnya.

Kami nanti apa tempat wisata berbagai macam peralatan kitchen sebagaimana bukan kepada disparbud jaga secara kuncinya ada peralatan untuk para pelaku seni dan budaya atau komunitas budaya budaya yang ada di Kabupaten Garut. Tentunya ya kehidupan berkesenian kebudayaan yang lainnya mudah-mudahan perlu dari budaya yang mereka lakukan baik berkesenian maupun produk budaya memiliki nilai jual yang bisa nilai ekonomis juga
meningkatkan nilai ekonomi.

Apalagi kan Garut merupakan daerah tujuan wisata daripada pelaku budaya itu tentu akan menghidupkan, akan mengisi daya tarik Garut sebagai wisata di Jawa Barat”pungkasnya.(Agus*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here