Home / Kilas Desa

Rabu, 28 Juli 2021 - 18:59 WIB

Pemkab Garut Akan Segera Transfer ADD di Awal Bulan Agustus

Kilas Garut News – Bupati Garut, Rudy Gunawan menjelaskan terkait  Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD), Pemerintah Kabupaten Garut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku mendapatkan dana desa sebesar 635 miliar pertahun. Dana desa ditransfer dari pemerintah pusat dari kas negara langsung ke rekening desa.

“Tentu ini jadi perhatian kita, kita mempertanggungjawabkan keuangan desa, hal-hal yang berhubungan itu akan menyebabkan masalah-masalah hukum,” ujar Rudy Gunawan, usai melantik 214 Kepala Desa (Kades) terpilih yang digelar secara virtual di Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (28/7/2021).

Selain dana desa, terkait ADD pada tahun ini juga akan ditransferkan oleh Pemerintah Kabupaten Garut secara langsung ke rekening desa.

Baca Juga :  Ngariung Kamtibmas Kapolsek Cisewu Polres Garut Bersama Tiga Pilar Desa Cisewu

“Selain itu ada alokasi dana desa yang ditransferkan oleh Pemerintah Kabupaten Garut yaitu 10% dari dana transfer dan dikurangi dari DAK (Dana Alokasi Khusus) serta dari PAD (Pendapatan Asli Daerah) itu jumlahnya tahun ini adalah 202 miliar rupiah yang ditransfer dari Pemerintah Kabupaten Garut dalam bentuk ADD ke rekening desa,” terangnya.

Rudy Gunawan meminta kepada DPMPD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa) Kabupaten Garut untuk segera memproses terkait pengiriman ADD.

“Perlu kami laporkan kepada ibu DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) bahwa kami telah mentransfer 102 miliar kepada desa. Dan setelah ini saya minta kepada DPMD segera memproses hari ini. Sebelum tanggal 10 kami akan drop kembali, maunya besok kalau DPMPD mengirimkan surat kepada Bupati hari ini maka kita akan drop besok sesuai dengan alokasi 29 miliar, duitnya sudah tersedia,” kata Rudy.

Baca Juga :  Patroli Dialogis 3 Pilar Polsek Lemahabang Polres Karawang di Desa Ciwaringin

Untuk ADD sendiri, Rudy menerangkan pihaknya akan segera mengirimkan ADD ke setiap desa di awal bulan Agustus dengan dana sebesar kurang lebih 70 juta rupiah, atau sekitar 30 miliar rupiah tersebar di 421 desa.

“Saya mohon ini desa segera mendapatkan  Alokasi Dana Desa yang kita akan gelontorkan di awal Agustus masing-masing desa kurang lebih 70 juta rupiah atau sebesar kali 421 sebesar 30 miliar lebih. Nanti sisanya akan kita bayarkan pada bulan November atau Oktober akhir,” pungkasnya.

Berita ini 1 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kilas Desa

Beri Pesan Jaga Kamtibmas Bhabinkamtibmas Polsek Tegalwaru Polres Karawang Ikut Rapat Mingguan Desa

Kilas Desa

Polsek Banjarwangi Polres Garut Laksanakan Pengamanan Pemungutan Suara Pejabat Antar Waktu Kepala Desa Giriawas

Kilas Desa

Pilkades Segera Digelar, Bupati Garut Berharap Pilkades Dilaksanakan Secara Demokratis 

Kilas Desa

Jalin Silaturahmi Kapolsek Rawamerta Polres Karawang Bersama Tokoh Masyarakat

Kilas Desa

Polsek Bayongbong Polres Garut Pengamanan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Sindangsari

Kilas Desa

Bhabinkamtibmas Polsek Pakisjaya Polres Karawang Berbaur Bersama Warga di Pos Ronda 

Kilas Desa

Polsek Cisurupan Polres Garut Pengamanan Pelipatan Kartu Suara Pilkades

Kilas Desa

Sampaikan Pesan Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Polsek Bungursari Polres Purwakarta Rutin Sambangi Warga Desa Binaan