Home / Kilas Budaya

Minggu, 28 November 2021 - 09:39 WIB

Kolaborasi Disperindag ESDM Dengan Dekranasda Garut Gelar Dekranasda Craft Expo

Kilas Garut News – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Garut bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Garut menggelar acara Pameran Kerajinan Kabupaten Garut Dekranasda Craft Expo yang digelar di Halaman Ramayana Mall Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (27/11/2021).

Sekitar 20 stand pengrajin di Kabupaten Garut turut memamerkan hasil karyanya di area Dekranasda Craft Expo. Tak hanya dari Kabupaten Garut, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan Dekranasda dari kabupaten lainnya seperti Cirebon, Bandung, Subang dan Indramayu.

Kepala Disperindag dan ESDM Kabupaten Garut juga selalu Ketua Harian Dekranasda Garut, Nia Gania Karyana, menyebutkan acara pameran ini berlangsung selama dua hari yaitu pada Sabtu, 27 November 2021 – Minggu, 28 November 2021.

Baca Juga :  Kadisparbud Garut Tetapkan dan Umumkan Ngawuwuh dan Dua Makanan Masuk WBTB Tahun 2023

“Jadi, nama kegiatannya DEKRANASDA Craft, artinya yang kita tonjolkan adalah kerajinan tetapi biasanya yang menjadi pemanis adalah makanan-makanan Kabupaten Garut,” ujar Nia.

Gania menuturkan, berbagai macam kerajinan di Kabupaten Garut ditampilkan, salah satunya kerajinan akar wangi. Selain produk asal Kabupaten Garut, imbuh Nia, dalam _expo_ ini juga ditampilkan beberapa kerajinan seperti mozaik, patung-patung, dan kerajinan asal Kabupaten Bandung lainnya.

“Ya, ada hampir pengrajin dari Kabupaten Garut ada sekitar 20. Salah satunya, misalnya, Andin kayu, dia pengrajin kayu, kemudian ada juga dari Zocha, Zocha itu kerajinan dari akar wangi, kemudian juga dari batik Garutan, kemudian juga ada dari kulit, begitu, ya,” lanjutnya.

Baca Juga :  Kebahagiaan Bupati Garut Terlihat Saat Hadiri Grand Final Pasanggiri Mojang Jajaka Tahun 2023, Berikut Ini Daftar Pemenangnya !

Ia berharap, kegiatan ini bisa meningkatkan kompetensi, promosi, pemasaran, serta penjualan produk milik perajin asal Kabupaten Garut agar lebih dikenal.

“Outputnya, mudah-mudahan dengan diperkenalkannya produk Garut, berupa makanan dan _handy craft_, bisa meningkatkan aktivitas ekonomi, kemudian meningkatkan pendapatan masyarakat, dan akhirnya menjadi sejahtera. Itu goalnya saja, ya,” ujarnya.

Mengingat acara ini berlangsung selama dua hari, Kadisperindag ESDM Garut mengajak masyarakat untuk meramaikan Dekranasda _Craft Expo_ agar produk di Kabupaten Garut lebih dikenal oleh masyarakat.

“Harapan saya ada waktu dua hari, masyarakat silakan mengunjungi _stand-stand_ kami dan mudah-mudahan membeli produk-produk kami. Dengan membeli berarti cinta produk Garut,” tandasnya.(Iman*).

Berita ini 31 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kilas Budaya

Seni Bela Diri Prestasi dan Budaya, Buchori: Pencak Silat Alat Pemersatu Masyarakat

Kilas Budaya

Waka Polda Jabar Hadiri Kapolda Jabar Cup Seni Ketangkasan Domba Cup

Kilas Budaya

NGABASO URAT Viral di Media Sosial

Kilas Budaya

H.Alan Partimbang Hadiri Pentas Seni Pencak Silat “Saat Jauh Ataupun Dekat Silaturahmi Harus Terjalin Erat”

Kilas Budaya

Rudy Gunawan Janji Berikan Dana 1 Milyar Kepada DKG Guna Pelestarian Kesenian di Garut

Kilas Budaya

Seni Ketangkasan Domba Kapolres Garut Cup Diikuti 560 Peserta

Kilas Budaya

Kang H. Alan Partimbang Hadiri Pagelaran Budaya Pencak Silat di Majalaya Kabupaten Bandung 

Kilas Budaya

Pemkab Garut Dukung BEM FPISBS IPI Garut Gelar Eufo Fest Sebagai Upaya Pelestarian Nilai Budaya