Home / Kilas Pendidikan

Kamis, 9 Juni 2022 - 22:02 WIB

Jurnal Pendidikan Matematika IPI Garut atau MOSHARAFA, Naik Level Jadi SINTA 2

Kilas Garut News-Mosharafa adalah Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan.

Penulis bisa berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, maupun pemerhati pendidikan matematika. Mosharafa terbit tiga kali dalam satu tahun, yakni  pada Januari, Mei, dan September.

Berdasarkan hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode 1 Tahun 2022, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika terbitan dari Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut naik level akreditasi menjadi Science And Technology Index (SINTA) 2.

Kepala Bidang Pengembangan Jurnal Ilmiah, Penerbitan, dan Kekayaan Intelektual IPI Garut, Dr. Ekasatya Aldila Afriansyah, M.Sc.

Kepala Bidang Pengembangan Jurnal Ilmiah, Penerbitan, dan Kekayaan Intelektual IPI Garut, Dr. Ekasatya Aldila Afriansyah, M.Sc. menuturkan, sebelumnya Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika pertama terakreditasi di peringkat 4 (SINTA 4), pada tahun 2018. Hal ini  berdasarkan Sertifikat dan Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 21/E/KPT/2018 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2018.

Baca Juga :  Mahasiswa KKN IPI Garut Gelar Seminar Usung Tema “Pendidikan dan Literasi Digital Kunci Keberhasilan”

“Akreditasi berlaku hanya 3 (tiga) tahun, yaitu Volume 5 Nomor 1 Tahun 2016 sampai dengan Volume 8 Nomor 1 Tahun 2019, dikarenakan kami mengajukan re-akreditasi kembali,”katanya.

Re-akreditasi tersebut dilakukan pada bulan Juli 2019, Pihaknya mengajukan re-akreditasi kembali dan berhasil naik ke peringkat 3 (SINTA 3), dengan dasar Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 23/E/KPT 2019 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode IV Tahun 2019.

“Alhamdulillah tahun 2019, kita naik ke Sinta 3 (peringkat 3) dan  Akreditasi tersebut berlaku selama 5 tahun, “ katanya dimulai dari Volume 8 Nomor 2 Tahun 2019 sampai Volume 13 Nomor 1 Tahun 2024.

Dr Eka melanjutkan, Pada Juli tahun 2021, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika melakukan re-akreditasi kembali dan berhasil naik peringkat ke 2 (SINTA 2).

Baca Juga :  Kupas Tuntas Kota Intan, Duta Pendidikan Kebudayaan dan BEM KBM IPI Kunjungi Museum R. A. A Adiwidjaja

Kenaikan peringkat itu, kata dia, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 105/E/KPT 2022 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2022.

Ia menjelaskan, Akreditasi ini berlaku selama 5 (lima) tahun, dimulai dari Volume 10 Nomor 2 Tahun 2021 sampai Volume 15 Nomor 1 Tahun 2026.

“Sertifikat akreditasi sedang dalam proses dan kita sedang menunggu untuk diterbitkan,” ujar Editor-in-chief Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.

Pihaknya mengajak, para dosen untuk rajin dalam menulis artikel dan dipublikasikan di jurnal terakreditasi untuk menaikan level jabatan fungsional. Terutama, dosen yang memiliki jabatan fungsional Lektor untuk menjadi Lektor Kepala, menulis artikel di Jurnal peringkat SINTA 2 ini, adalah syarat wajib.

“Kegiatan menulis ini, perlu dibiasakan dan dilestarikan. Mari menulis, bersama Mosharafa,”ajaknya.

Berita ini 25 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kilas Pendidikan

17 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat Ikuti Rakor Dewan Pendidikan Garut

Kilas Pendidikan

Polsek Pakenjeng Polres Garut Lakukan Penyuluhan Pada Siswa SMK

Kilas Pendidikan

Anggota Polsek Tirtajaya Polres Karawang Dikunjungi “Polri Sahabat Anak”Siswa/Siswi Paud Melati 

Kilas Pendidikan

Pemkab Garut dan UPI Lakukan Kerjasama Pendidikan, Ini Yang di Bahas

Kilas Pendidikan

Bupati Garut Berharap Penggunaan Dana BOS Harus Transparan dan Ada Keterlibatan Orang Tua Siswa

Kilas Pendidikan

Pelepasan Siswa SMP PGRI Dihadiri Polsek Tegalwaru Polres Karawang
Mahasiswa KKN IPI Garut Saat Mengadakan Seminar di MTS Assalam Pendeuy

Kilas Pendidikan

Mahasiswa KKN IPI Garut Gelar Seminar Usung Tema “Pendidikan dan Literasi Digital Kunci Keberhasilan”

Kilas Pendidikan

Edukasi Proaktif, DPPKBPPPA Garut Berikan Pemahaman Pelajar Cegahan Perkawinan Anak Dan Anti-Perundungan di SMA Negeri 15 Garut