Home / Kilas Desa

Rabu, 11 Agustus 2021 - 07:48 WIB

Bupati Garut : Perkembangan Desa Wisata di 42 Kecamatan Cukup Pesat

Kilas Garut News – Bupati Garut, Rudy Gunawan, membuka  Workshop bertema Peningkatan Mutu Aparatur Desa dan Pengelola BUMDes, UMKM, dan IKM yang dilaksanakan di Villa Kayu, Desa Jati, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Selasa (10/8/2021).

Dalam sambutannya Bupati Garut menyampaikan bahwa pariwisata akan menjadi bagian penting dalam peningkatan kesejahteraan yang nantinya ditunjang dengan insfrastuktur tol yang terkoneksi Jawa – Bali melintasi Kabupaten Garut.

“Insya Allah tahun 2025 Garut akan menjadi tujuan wisata warga Jakarta, Bandung, Semarang dan daerah lainnya untuk berdarmawisata,” ujar Bupati Garut.

Ia mengungkapkan, dengan adanya hal tersebut, satu yang terpenting adalah akan meningkatnya pendapatan asli desa atau pendapatan asli masyarakat yang ada di sektor pariwisata.

Baca Juga :  Disparbud Kabupaten Garut Latih 40 Pengelola Desa Wisata Dan Homestay

“Nantinya akan ada klaster-klaster baru yaitu klaster yang ada hubungannya dengan kepariwisataan di tiap desa atau pariwisata desa, ini sangat luar biasa bagi peningkatan ekonomi warga desa,” ungkapnya.

Rudy menuturkan, saat ini perkembangan desa wisata di Kabupaten Garut terbilang cukup pesat hampir merata di 42 kecamatan, apalagi saat ini dengan keberadaan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Garut.

“(Perkembangan desa wisata di Garut) pesat, kita pengembangannya pesat sekali, jadi pengembangan wisata itu merata di 42 kecamatan ya, dan sekarang itu ada pengembangan dengan badan pariwisata kabupaten (BPPD), dilakukan (dengan) kerja sama pentahelix (atau) strategi pentahelix,” ucapnya.

Baca Juga :  Pilkades Segera Digelar, Bupati Garut Berharap Pilkades Dilaksanakan Secara Demokratis 

Ia juga mengapresiasi Staf Ahli Bupati Garut, Wawan Nurdin, atas tagline “menara lembur” sebagai strategi penguatan desa wisata melalui pentahelix.

“Tentu sangat apresiasi terhadap tagline “menara lembur” yaitu strategi penguatan desa wisata melalui pentahelix, yang dilakukan oleh Pak Wawan Nurdin, selaku staf ahli Bupati bidang Pemerintahan, dan ini adalah tim dari tim kreasi (atau) tim efektif, yang dikomandoi oleh Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Garut ini luar biasa, desa wisata akan menjadi unggulan dikemudian hari di Kabupaten Garut, karena akses ke Kabupaten Garut mulai 2025 akan ada lintas tol terkoneksi Jawa-Bali.” tandasnya.(Red***)

Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kilas Desa

Cara Bhabinkamtibmas Polsek Purwakarta Kelurahan Ciseureuh Sambangi Masyarakat di Wilayahnya Agar Situasi Desa Tetap Kondusif

Kilas Desa

Pemkab Garut Menunjuk Kelurahan Cimuncang Sebagai Lokasi Pembinaan Program P2WKSS

Kilas Desa

Polsek Leuwigoong Polres Garut Amankan Kegiatan Audiensi Warga Desa

Kilas Desa

Binmas Polsek Tarogong Kidul Desa Sukabakti Sambang Desa Dalam Sinergi TNI – POLRI

Kilas Desa

Sampaikan Pesan Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Polsek Bungursari Polres Purwakarta Rutin Sambangi Warga Desa Binaan

Kilas Desa

Polsek Bayongbong Polres Garut Pengamanan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Sindangsari

Kilas Desa

Polsek Batujaya Polres Karawang dan Babinsa Giat Sambang RW

Kilas Desa

Polsek Cibiuk Polres Garut Hadiri Giat Rekapitulasi Perubahan Pemilih DPSHP