Home / Kilas Terkini

Senin, 10 Januari 2022 - 23:35 WIB

Bencana Banjir Lumpur dan Longsor di Samarang Akibatkan Sejumlah Rumah dan Lahan Pertanian Habis Tergerus

Kilas Garut News – Akibat curah hujan yang cukup tinggi di kecamatan Samarang kabupaten Garut mengakibatkan di sejumlah titik di kecamatan Samarang terjadi banjir lumpur dan longsor serta pohon tumbang.

Camat Samarang Neneng Marlina saat dihubungi melalui seluler pribadinya membenarkan telah terjadi bencana banjir dan longsor terjadi sekaligus di empat titik di kecamatan Samarang kabupaten Garut Jawa Barat.

“benar telah terjadi bencana banjir di empat titik di kecamatan Samarang akibat hujan besar terjadi mulai pukul 15.00-17.00 WIB” katanya. Senin 10/1/2022.

Kali ini bencana banjir lumpur kata Neneng Marlina terjadi di Kp.Legok Pulus RT 02 RW 07 Desa Sukakarya sekitar pukul 15.30-16.00 WIB, mengakibatkan dua unit rumah milik pak Asep dan pak Endang terkena dampak dari bencana Banjir lumpur.

Bukan hanya rumah saja yang terdampak akibat banjir lumpur lanjut Neneng Marlina dua bidang kebun tanaman sayuran milik pak Amar seluas 500 tumbak termasuk milik pak Supian ikut tergerus bahkan sebanyak dua unit sepeda motor roda dua milik pak Asep ikut tergerus akibat banjir lumpur.

Dalam kejadian di lokasi ini alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Neneng Marlina menyampaikan untuk penanganan pertama dalam kejadian bencana banjir lumpur ini dipimpin langsung oleh forkopimcam Samarang bersama warga setempat ikut membersihkan material dan sampah di rumah warga dan jalan desa dilanjutkan oleh 3 Pilar Desa Sukakarya kecamatan Samarang, sementara dalam waktu yang bersamaan forkopimcam mendapatkan laporan kejadian longsor di Desa Parakan.

Baca Juga :  Jelang Bulan Suci Ramadhan Polres Garut Tingkatkan Operasi Miras

Lanjut Neneng Marlina untuk titik bencana longsor yang ke dua terletak di Kp.Cidarengdeng RT 01 RW 02 Desa Parakan Kecamatan Samarang.

“kejadian longsor mengakibatkan pohon tumbang dan material longsoran menutupi jalan Kp.Cidarengdeng dan menimpa sebuah rumah Semi Permanen ukuran Milik Cece Nurjaman (24) yang dihuni oleh 3 KK , 11 jiwa namun tidak ada korban jiwa, kerugian materi rumah rusak berat ukuran 3×6 M2 dengan taksiran kerugian sekitar Rp.30.000.000, ( tiga puluh juta rupiah )” ujar Neneng Marlina

Untuk sementara kata Nenneg Marlina warga yang terdampak longsor mengungsikan korban penghuni rumah ke rumah warga sekitar yang lebih aman membersihkan materi longsoran bersama warga masyarakat dipimpin oleh Kepala Desa Parakan bersama kurang lebih 100 orang masyarakat sampai saat ini pukul 20.15 WIB masih berlangsung.

Baca Juga :  Rumah Milik Entis Amblas Akibat Longsor, Kapolsek Cilawu Bersama Warga Sekitar Bersihkan Material Longsor

Bencana longsor dilokasi ini kata Neneng Marlina pihaknya sudah koordinasi dengan Kalak BPBD dan Kabid Dinsos.

“Bantuan tanggap darurat alhamdulillah telah di berikan dari BPBD berupa Gergaji Mesin dan paket tanggap darurat untuk korban dan masyarakat yang bergotong royong” ucapnya.

Titik lokasi ke tiga masih kata Neneng Marlina terjadi banjir luapan air di sepanjang jalan kamojang mulai dari Kp.Randukurung-Ciarileu-Cidadali-Situhapa-Legok Pulus dan longsoran tebing di beberapa lokasi tersebut.

Luapan air yang sangat besar kata Neneng mengakibatkan drainase tertutup tanah,dahan dan sampah serta mengakibatkan jalan semakin rusak dengang lubang semakin dalam.

Neneng berharap Dinas PUPR segera memberikan bantuan sirtu beberapa truk untuk menutup sementara lubang-lubang jalan dan bantuan personil serta alat untuk membersihkan drainase sepanjang jalan tersebut yang jauh dari masyarakat.

“Titik lokasi longsor yang ke empat adanya pohon tumbang tepatnya di Kp.Ciarileu RW 01 Parakan mengakibatkan tertimpanya salah seorang pengendara roda dua yang merupakan warga Kp.Kurjati Desa Parakan dalam kondisi luka ringan di sekujur tubuhnya”pungkasnya. (Deden Kurnia*).

Berita ini 13 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kilas Terkini

Karena Depresi, Lilis Warga Tajursela Tega Mengakhiri Hidupnya Dengan Gantung Diri

Kilas Terkini

Anak Tenggelam Hingga Meninggal, Polsek Cibalong Polres Garut Bantu Evakuasi

Kilas Terkini

Situasi Terkini Arus Balik Lebaran Yang Melintas Terpantau di Wilayah Hukum Polsek Limbangan

Kilas Terkini

DPMD Garut Gelar Deklarasi Damai Pilkades Tahap Pertama

Kilas Terkini

Euforia Dukungan Satpol PP Garut Untuk Gibran, Bupati Garut : Sudah Diberikan Pembinaan dan SanksiĀ 

Kilas Terkini

Bupati Garut Ada di Waroeng Steak, Ini Alasannya !

Kilas Terkini

Kapal Edrico 3 Terdampar di Pantai Setu Cibalong, 15 Anak Buah Kapal dan Kapten Kapal Dinyatakan Aman dan Sehat

Kilas Terkini

Ratusan Botol Miras Berhasil di Amankan Polres Garut