Home / Kilas Budaya

Senin, 4 Maret 2024 - 07:42 WIB

Pemkab Garut Dukung BEM FPISBS IPI Garut Gelar Eufo Fest Sebagai Upaya Pelestarian Nilai Budaya

KILASGARUTNEWS.id|Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa, dan Sastra (FPISBS) Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut menggelar Eufo Fest di Kampus IPI Garut, Minggu (3/3/2024). Kegiatan tersebut disambut baik Pemerintah Daerah Kabupaten Garut, sebagai upaya pelestarian nilai-nilai budaya di daerah.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Asep Wawan Budiman, berharap, acara ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Karena semakin banyak orang mengenal kegiatan ini, maka akan semakin banyak lagi orang yang akan menghargai nilai-nilai budaya khususnya yang ada di Kabupaten Garut.

“Jadi kan sekarang ini mungkin dengan perkembangan teknologi yang ada terutama bagi anak-anak sekarang orang lebih asyik menggunakan gadget, sehingga melupakan nilai-nilai budaya, atau melupakan kebudayaan yang ada di wilayah Kabupaten Garut,” ucapnya.

Baca Juga :  Ketua HPSI GPMPP Satria Cahaya Suci Berikan Apresiasi dan Suport Kepada Atlet Kick Boxing Garut

Asep mendorong para mahasiswa untuk terus mengembangkan kegiatan-kegiatan seperti ini, yang dapat memberikan manfaat untuk masyarakat Kabupaten Garut.

“Jadi silakan untuk senantiasa berjuang karena dari setiap kegiatan pasti ada hambatan dan tantangan, jangan menyerah,” ucapnya.

Ketua BEM FPISBS IPI Garut, Jenal Mutaqin, menekankan bahwa Eufo Fest merupakan upaya mengangkat nilai-nilai kebudayaan. Melalui rangkaian acara seperti penampilan seni dan pemutaran film, kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi budaya kepada anak-anak, siswa, dan mahasiswa.

Beberapa rangkaian acara dari kegiatan ini di antaranya yaitu penampilan minat bakat yang meliputi pencak silat, jaipong, puisi Sunda, dan yang lainnya sebagai salah satu bentuk upaya menjaga nilai-nilai kebudayaan.

“Dengan adanya Eufo Fest ini teman-teman dan juga seluruh masyarakat di Kabupaten Garut lebih cinta dan juga lebih bangga menanamkan salah satu budaya terhadap anak-anak untuk nantinya menjadi salah satu penerus di masa depan,” ucapnya.

Baca Juga :  Masa PPKM Diperpanjang Hingga 23 Agustus 2021, Kabupaten Garut Masih Tertahan di Level 3

Ia menuturkan, pada kegiatan ini juga diselenggarakan pemutaran film hasil karya anak muda yang mengangkat budaya, baik itu budaya mahasiswa maupun budaya-budaya milik daerah.

Eufo Fest diharapkan dapat menarik minat siswa untuk melihat IPI Garut sebagai pilihan kampus, Jenal Mutaqin menekankan bahwa kegiatan ini menjadi event besar yang diselenggarakan setahun sekali.

“Kebetulan kami di BEM Fakultas itu baru tiga periode, jadi alhamdulilah utuk periode ketiga ini dari kemarin-kemarin sudah mengadakan event-event yang sangat besar terus,” tandasnya. (Deden Kurnia*).

Berita ini 164 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kilas Budaya

Budayawan Sekaligus Pengusaha Moge Asal Garut, H. Alan Partimbang Apresiasi Kinerja dr. Helmi Budiman

Kilas Budaya

Kapolres Garut Buka Kegiatan Festival Pencak Silat Seni Tradisi Kapolres Garut Cup ke- 1 Se- Jawa Barat Tahun 2023

Kilas Budaya

NGABASO URAT Viral di Media Sosial

Kilas Budaya

Ketua GPMPP Satria Cahaya Suci, H. Alan Partimbang Hadiri Undangan di Pasirwangi Sejumlah Paguron Menampilkan Seni Bela Diri

Kilas Budaya

Pengamanan Pagelaran Wayang Golek Oleh Polsek Banjarwangi

Kilas Budaya

Kapolres Garut Hadiri Penutupan Seni Ketangkasan Domba dan Bazaar Murah UMKM

Kilas Budaya

Komisi Teknik GPMPP Garut Dorong Pemkab Garut Tingkatkan Sektor Ekonomi dan Pariwisata Melalui Budaya

Kilas Budaya

Kupas Tuntas Kota Intan, Duta Pendidikan Kebudayaan dan BEM KBM IPI Kunjungi Museum R. A. A Adiwidjaja