Home / Kilas Pemilu

Sabtu, 23 Maret 2024 - 09:31 WIB

Ketua Panwascam Sucinaraja Pimpin Rapat Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu 2024

KILASGARUTNEWS.id|Menjelang pelaksanaan pemilu 2024, Panwascam Sucinaraja menyelenggarakan giat acara pembinaan aparatur pengawas pemilu kecamatan Sucinaraja di kantor sekretriat Panwascam Sucinaraja, Jalan Tegalpanjang, Desa Tegalpanjang, Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut.

Giat acara yang di buka oleh Ketua Panwascam Sucinaraja Uus Rukiman, S, Ag, di hadiri oleh Komisioner Panwascam Sucinaraja dan anggota Panwascam Sucinaraja se Kecamatan Sucinaraja. Jum’at (22/3/2024).

Ketua Panwascam Sucinaraja, Uus Rukiman, S. Ag, dalam arahan nya kepada anggota Panwascam Sucinaraja yang hadir ” Secara Historis keberadaan kita semata – mata untuk mengawasi Pemilu secara Independen dan memastikan penyelenggaran pemilu berjalan Jurdil (jujur dan adil ) ” Prolog awal Uus Rukiman.

Baca Juga :  Polres Garut Geser Personil Pengamanan TPS Ke Berbagai Penjuru Kabupaten Garut 

Pengawas Kecamatan dan pengawas kelurahan merupakan garda terdepan dalam melakukan pengawasan terhadap pelanggaran yang ada di wiliyah Kecamatan Sucinaraja.

” Sesuai dengan UU no: 7 tahun 20017 pasal 105, melakukan pencegahan dan penindakan diwilayah kecamatan terhadap pelanggaran pemilu ” ungkap Uus.

Langkah atau cara pencegahan dengan cara mengidentifikasi dan pemetaan, menurutnya setiap wilayah memiliki tingkat kerawanan ( pelanggaran pemilu) berbeda – beda.

” Makanya kami meminta laporan IKP ( Ideks Kerawanan Pemilu ) kepada teman – teman panwascam ” Lanjut Uus dengan mencontohkan kerawanan yang berbeda – beda di wilayah pengawasan pada tiap tahapan pemilu.

Baca Juga :  Patroli Dialogis Polres Garut Sebagai Sarana Cooling System Menjelang Pemilu 2024

Dalam kesempatan tersebut, Uus menitik beratkan kepada penguatan fungsi Leading Secktor serta Support System dalam Kelembagaan Internal ( Pengawas ) , dan berharap setiap personal – personal Panwascam yang telah memiliki kemampuan di organisasi nya mengimplementasikan / menerapkan dalam lembaga saat ini bertugas.

” Tunjukkan kapasitas kita ” Kata Muchtar, dan berharap kepada Panwas maupun Staff dapat meningkatkan kapasitas dengan cara membaca dan berdiskusi”pungkas Uus. (Deden Kurnia*).

Berita ini 37 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kilas Pemilu

Panwaslu Kecamatan Sucinaraja Divisi Koordinator Penindakan dan Penanganan Sengketa Tingkatkan Sosialisasi Netralitas ASN Dalam Pemilu Serentak 2024

Kilas Pemilu

Divisi Penanganan dan Pelanggaran Penyelesaian Sengketa Himbau Parpol Supaya Taati Aturan Pemasangan APK

Kilas Pemilu

Demi Warga Garut, H. Alan Partimbang Kader Dari Partai HANURA Siap Tempur di Pileg 2024

Kilas Pemilu

Kordiv SDMO Bawaslu Garut Imam Sanusi Sebut 8.000 Orang Akan Mengisi Posisi PTPS  

Kilas Pemilu

BEM dan Ormawa ITG Garut Berikan Sikap Terkait Pelaksanaan Pemilu 2024, Kita Akan Kawal Nasib Bangsa 5 Tahun ke Depan

Kilas Pemilu

Menghadapi Masa Tenang, Pemda Garut dan Bawaslu Kompak Tertibkan APK Kampanye Pemilu 2024

Kilas Pemilu

Sinergitas TNI Polri Polsek Garut Kota Polres Garut Tinjau Rapat Pleno Tingkat PPK Kecamatan Garut Kota Pemilu 2024

Kilas Pemilu

Personel Polres Garut Perketat Pengamanan Pelipatan Suara di Gudang KPU