Home / Redaksi Kilas

Rabu, 5 Oktober 2022 - 08:48 WIB

Kerap Terjadi Banjir, Sejumlah Stakeholder akan Berkolaborasi Lakukan Penanganan Pencegahan

KILASGARUTNEWS | Jajaran stakeholder atau intansi terkait dilingkungan Pemda Garut akan berkolaborasi berikut dengan elemen masyarakat pemerhati lingkungan adakan lakukan pencegahan terhadap bencana alam,banjir,longsor dan lainnya yang memang kerap terjadi diwilayah kabupaten Garut.

Demikian hal itu terungkap dalam pembahasan audensi yang digelar di aula kantor wakil bupati,lantai 2, jalan Pembangunan,Tarogong Kidul,Garut,pada Selasa (04/10/2022)

Dikatakan Kadis LH Kabupaten Garut Jujun Juansyah,terkait dengan mitigasi bencana ini memang dinas LH akan melakukan beberapa langkah. Salah satu diantaranya, adalah terkait dengan penegakan pengelolaan yang lebih kuat dari hasil pemantauan dan pengawasan atas upaya – upaya pengelolaan yang sudah dilakukan oleh perhotelan,pabrik atau investasi yang lainnya.

Bagaimana mereka sudah melakukan pengolahan sebagaimana yang sudah ditentukan di dalam perizinan atau belum? Tentu saja nanti dengan ada sanksinya yaitu berupa pembekuan terkait Izin,dan itu bisa berjalan lagi atau berlaku lebih baik dalam mereka melakukan upaya -upayanya”katanya

Selanjutnya,kata Jujun, yang kedua adalah itu saja kami mengajak kepada setiap stakeholder, SKPD,dan masyarakat seluruhnya untuk selalu menjadikan bahwa mitigasi bencana itu adalah bagian dari program – program kegiatan. Seperti Desa wisata – desa wisata semacam yang di programkan oleh PPD itukan tetep bahwa,mitigasi bencana harus menjadi prioritas. Jangan sampai disuatu sisi membangun dewi-dewi dalam rangka ekonomi tapi kita disisi lain kita membangun bencana”.

Baca Juga :  Kepala Staf Kodam III/Slw Resmi Menutup TMMD Ke-114 Kodim 0611/Grt

Jadi pada saat mereka melakukan upaya penanaman pemberian bibit atau pupuk mereka tetep harus memperhatikan upaya mitigasi bencana dengan menanam tanaman keras atau buah-buahan yang tentu saja sesuai dengan kondisi tanah yang ada di masing -masing wilayah atau daerah tersebut”

Berkaitan dengan hal iri tentu saja harus ditindaklanjuti dengan satu instruksi dari pimpinan supaya mereka lebih mengedepankan terkait dengan upaya pencegahan di dalam setiap program yang ada di setiap masing – masing SKPD.”jelasnya.

Disampaikan Kordinator lapangan (Korlap) Pemerhati lingkungan (Gapermas) Boy mengatakan,terkait dengan mitigasi bencana alam Alhamdulillah pada saat ini kita dengan seluruh warga masyarakat Kabupaten Garut seharusnya menyadari,dan memang wilayah Garut ini yang sering terkena bencana.

Selama ini penanganan juga pemerhati banyak di hilir, bukan memperhatikan hulu. Makannya hari ini kita secara bersama sama dengan pemerintah daerah,” ayo kita pikirkan untuk penanganan di hulu bukan penanganan di hilir” tegas Boy

Disamping pemerintah daerah masyarakat juga harus bekerjasama bahwa, penaganan di hulu itu sangat penting,dimana bencana yang hari ini tengah dirasakan di kabupaten Garut berasal dari hulu ,bukan dari hilir.
Jadi kita pikirkan bukan hanya korban bencananya saja tetapi penyebab dari bencana ini yang harus kita pikirkan okeh seluruh stakeholder provinsi,daerah,dan pusat. Mari kita sama -sama pikirkan bagaimana supaya tidak terjadi bencana lagi.

Baca Juga :  Bhabinkamtibmas Polsek Pedes Polres Karawang Sambangi Masyarakat Mengantisipasi Gangguan Kamtibmas

“Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati,nah ini lebih kepada mencegah dulu maka kita dorong pemerintah untuk bagaimana memikirkan daerah kabupaten Garut ini supaya teratasi di hulu bukan di hilir.

Jadi hal ini harus segera menjadi perhatian bahwa,program ini lebih mengedukasi baik terhadap masyarakat dan siapapun investor yang masuk pegawai dengan harus lebih memperhatikan lingkungannya karena Garut ini adalah daerah yang rawan bencana”tandasnya

Diketahui saat audensi berlangsung,hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut Jujun Juansyah,Kalak BPBD Garut Satria Budi,Kabag Rena,Sekertaris dinas PUPR Garut Asep Oo, Kabid Tata Ruang PUPR Garut Gatot Subagio,Dinas Perkim Garut,Dinas pertanian dan kholtikultura Garut dan dinas intansi lainnya. Selain itu dari pihak pegiat dan pemerhati lingkungan diantaranya,Boy,Asep Mulyana,Budi Juanda dan kawan -kawan lainnya.(Agus).

Berita ini 11 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Redaksi Kilas

Dalmas Polres Garut Bantu Seorang Ibu dan Anaknya yang Kehabisan Ongkos Pulang

Redaksi Kilas

Disdamkar Sektor Cikajang Bersihkan Gorong-gorong Tersumbat Penyebab Banjir

Redaksi Kilas

Polres Garut Amankan Kebaktian Gereja Pantekhosta 

Redaksi Kilas

Polsek Garut Kota Hadiri Penanaman 1000 Pohon di Bantaran Sungai Cipeujeuh

Redaksi Kilas

Ciptakan Tertib Berlalu lintas, Polsek Karangpawitan Polres Garut Lakukan Pengaturan Lalu Lintas

Redaksi Kilas

Polsek Karangpawitan Polres Garut Kawal Keberangkatan Buruh Dalam Rangka May Day

Redaksi Kilas

Untuk Kelancaran Lalu lintas, Polsek Tarogong Kaler Polres Garut Lakukan Penertiban PKL

Redaksi Kilas

Sat Polairud Polres Garut Giat Tali Asih