Home / Redaksi Kilas

Selasa, 11 Juni 2024 - 19:56 WIB

Yudha Puja Turnawan Jelaskan Hasil Rapat Pelayanan “Lapad Ruhama” yang Digelar di Ruang Rapat Komisi IV DPRD

KILASGARUTNEWS.id|Rapat Pelayanan Lapad Ruhama digelar di ruang rapat komisi IV gedung DPRD Garut dengan dihadiri Sekretaris Daerah kabupaten Garut, H Nurdin Yana beserta Direktur RSUD dr Slamet Garut ,Kadinkes Garut, BPKAD Garut, Kadinsos Kabupaten Garut, Ketua DPRD  beserta jajaran lainnya dari komisi IV DPRD Garut. Termasuk Yudha Puja Turnawan juga turut hadir. 

Menurut Anggota Komisi IV DPRD Garut dari Fraksi PDI Perjuangan Yudha Puja Turnawan, menyampaikan, bahwa dalam waktu dekat ini Pelayanan Terpadu Rumah Harapan Masyarakat (Lapad Ruhama) di RSUD dr. Slamet akan kembali berjalan.

Lanjut Yudha mengatakan, bagi masyarakat kurang mampu kedepanya tidak perlu resah lagi, pasalnya dalam beberapa hari kedepan keluarga miskin akan kembali dilayani di RSUD dr. Slamet Garut.

Baca Juga :  Diskominfo Jabar Gagas Workshop Jurnalis

“Artinya, insya allah dalam waktu beberapa hari kedepan ini Pelayanan Terpadu Rumah Harapan Masyarakat (Lapad Ruhama) d RSUD dr. Slamet akan kembali berjalan,” Ujarnya.

“Anggaran tahun 2024 sebesar Rp 7 Miliar yang seharusnya digunakan untuk Lapad Ruhama, bulan Juni ini anggaran tersebut sudah habis.

“Yang Rp 7 Miliar itu sudah habis per awal Juni ini. Namun atas rekomendasi dari KPK dan Inspektorat dari tahun anggaran sebelumnya, ketika anggaran sudah habis Lapad Ruhama itu tidak boleh dibuka,” Katanya.

Untuk mengatasi hal tersebut, menurut Yudha saat ini ada penambahan anggaran dari Bantuan Tidak Terduga (BTT) sebesar Rp. 1 Milyar per bulan, “tadi komisi IV DPRD Garut rapat dengan pak Sekda Nurdin Yana, Kadinkes Ibu Leli, Kadinsos Pak Aji, Kepala BPKAD ibu Erna dan pihak rumah sakit yaitu direkturnya langsung pak Husodo, bersama wadir keuangan ibu Gita, sudah disepakati bahwa nantinya ada penambahan dari BTT sebesar Rp 1 Milyar perbulan,” Ungkapnya.

Baca Juga :  Dinkes Garut Gelar Pemeriksaan Kesehatan Bagi Pegawai Di Lingkungan Pemkab Garut

“Jadi yang Rp 1 Miliar ini dimulai per Juni ini sampai nanti bulan Desember, jadi dialokasikan perbulan maksimal Rp 1 Miliar,” Sambungnya.

Yudha menambahkan, bahwa penggunaan anggaran BTT untuk Lapad Ruhama ini tidak melanggar aturan, “tidak menyalahi aturan, karena ada aturan yang memperbolehkan digunakan untuk hal itu,” Pungkasnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, dengan adanya keterbatasan pendanaan, program Lapad Ruhama di RSUD dr. Slamet Garut ditutup mulai tanggal 1 Juni 2024 lalu,”pungkasnya. (Agus*).

Berita ini 48 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Redaksi Kilas

Polsek Karangpawitan Bekali Wawasan Kebangsaan Bela Negara Pada Kegiatan Makesta Ke-2 Tahun 2022

Redaksi Kilas

Dilomba Senam Harum Madu Kader TP PKK Kelurahan Paminggir Raih Juara Pertama Tingkat Kecamatan Garut Kota

Redaksi Kilas

Laboratorium Lapangan Epidemiologi Akan Dikembangkan Di Kabupaten Garut

Redaksi Kilas

Kapolsek Wanaraja Polres Garut Berkomitmen Babad Habis Knalpot Brong, 25 Unit R2 Berhasil Diamankan

Redaksi Kilas

Polres Garut Tanam Ribuan Bibit Pohon Dalam Rangka Mewujudkan Program Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini 

Redaksi Kilas

Kegiatan Strong Point Pengaturan Lalu Lintas Rawan Pagi Oleh Polsek Garut Kota

Redaksi Kilas

Pengamanan Festival Tunas Bahasa Dari Polsek Karangpawitan

Redaksi Kilas

Sebanyak 26 Personel Polres Purwakarta Jalani Tradisi Naik Pangkat