Home / Kilas Terkini

Senin, 10 Juni 2024 - 19:52 WIB

Pj  Bupati Garut Barnas Adjidin Hadiri Sidang Paripurna DPRD Garut 

KILASGARUTNEWS.id|Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, menghadiri acara Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Garut dalam rangka Penyampaian Nota Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPP) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (10/6/2024).

Pj. Bupati Garut mengungkapkan bahwa berdasarkan laporan hasil pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI pada tahun ini, Kabupaten Garut meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 9 tahun secara berturut-turut.

Mengacu pada Pasal 16 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, Barnas mengungkapkan, bahwa opini merupakan pernyataan profesional pemeriksaan, mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan, yang salah satu kriterianya didasarkan pada kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan.

Baca Juga :  Jelang Akhir Ramadhan Kapolres Garut Santuni Anak Yatim Piatu Bersama ACT Dan MRI

“Maka kita pun patut bangga karena kita terus mampu menjaga kualitas tata kelola keuangan pemerintah Kabupaten Garut, di tengah kompleksitas dinamika dalam tata kelola keuangan Pemerintah Kabupaten Garut,” ucapnya.

Ia memaparkan, bahwa opini Wajar Tanpa Pengecualian tidak dapat diraih apabila tata kelola keuangan Pemerintah Kabupaten Garut belum mampu secara nyata mengaplikasikan kebijakan akuntansi berbasis akrual.

Baca Juga :  MUI Apresiasi Kehadiran ACT di Garut

Dalam kesempatan ini, Barnas juga menyampaikan materi rancangan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023, salah satunya yang berkaitan dengan pendapatan daerah Kabupaten Garut.

Barnas menerangkan, bahwa Pendapatan Daerah Tahun Anggaran 2023 setelah perubahan dapat direalisasikan sebesar 4,780 triliun rupiah lebih atau 98,30?ri target anggaran sebesar 4,863 triliun rupiah lebih, yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), pendapatan transfer, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah.

“Realisasi pendapatan daerah tahun anggaran 2023 mengalami peningkatan sebesar 153,483 miliar rupiah lebih atau 3,32%, dibandingkan dengan realisasi tahun anggaran 2022,” tandasnya.(Deden Kurnia*).

Berita ini 30 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kilas Terkini

Karena Depresi, Lilis Warga Tajursela Tega Mengakhiri Hidupnya Dengan Gantung Diri

Kilas Terkini

Tim Sancang Polres Garut Tangkap Sejumlah Pemuda Yang Lagi Pesta Miras

Kilas Terkini

Siap-siap Formasi CPNS dan Formasi PPPK di Kabupaten Garut Akan Digelar, Ini Jadwalnya

Kilas Terkini

Pemkab Garut Berikan Dana Insentif Kepada Nakes di 67 Puskesmas

Kilas Terkini

Truck Box Terbakar Hebat, Ini Yang Dilakukan Disdamkar UPT Wil 1 Bl. Limbangan

Kilas Terkini

Pesan PJ Bupati Garut Barnas Adjidin Saat Pimpin Upacara Peringatan Harlah Pancasila

Kilas Terkini

Tidak Menguasai Medan Jalan Kendaraan Ini Terjun Kejurang, Kapolsek Cisewu Dengan Sigap Evakuasi Kendaraan

Kilas Terkini

Penandatanganan Surat Pernyataan Anggota LSM GMBI Distrik Garut Yang Mengikuti Kegiatan Aksi Unjuk Rasa di Mapolda Jabar