Home / Kilas Budaya

Selasa, 11 Juni 2024 - 19:11 WIB

BEM-IPI Garut Gelar Pesona Budaya Garut Dalam Mempertahankan dan Mempromosikan Budaya Lokal

Foto : BEM IPI Garut saat gelar Pesona Budaya Garut

Foto : BEM IPI Garut saat gelar Pesona Budaya Garut

KILASGARUTNEWS.id|Badan Eksekutif Mahasiswa Institut Pendidikan Indonesia (BEM-IPI) sukses menggelar acara “Pesona Budaya Garut” yang bertempat di Kampus Institut Pendidikan Indonesia. Acara yang berlangsung meriah ini bertujuan untuk merayakan dan melestarikan budaya lokal yang kaya dan beragam di Kabupaten Garut. Sabtu (8/6/2024).

Ketua BEM-IPI Garut Ahmad Sofwan, mengatakan” bahwa acara ini merupakan bukti konkret kepedulian BEM-IPI terhadap budaya lokal. “Kami ingin menunjukkan bahwa mahasiswa tidak hanya fokus pada akademik, tetapi juga peduli dan aktif dalam melestarikan kebudayaan daerah. Pesona Budaya Garut adalah salah satu cara kami untuk mengapresiasi, mempertahankan dan mempromosikan kekayaan budaya yang ada di Garut,” ujar Ahmad Sofwan. Deden Kurnia Kilas Garut News Melaporkan

Baca Juga :  Prestasi Gemilang Kampus IPI Garut Menggelar Wisuda ke-VI Sarjana dan Magister 

Acara Pesona Budaya Garut menampilkan berbagai pertunjukan seni tradisional yakni Gelar Domba Garut, Barongsai dan Wayang Golek.

“Dengan adanya acara ini, kami berharap masyarakat, khususnya generasi muda, semakin mengenal dan mencintai budaya lokal. Kami juga ingin memotivasi mereka untuk terus melestarikan warisan budaya ini agar tidak hilang tergerus zaman,” tambah Ahmad Sofwan.

Pesona Budaya Garut tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa, tetapi juga oleh masyarakat umum yang antusias menyaksikan berbagai kegiatan yang disuguhkan. Antusiasme yang tinggi dari para pengunjung menunjukkan bahwa budaya lokal masih memiliki tempat istimewa di hati masyarakat Garut.

Baca Juga :  Wabup Garut Berharap Wisata Kriya di Daerahnya Bisa Lebih Menonjol

BEM-IPI berkomitmen untuk terus mendukung dan mengadakan acara-acara serupa di masa depan, guna memperkuat identitas budaya dan memupuk rasa cinta terhadap warisan budaya di kalangan mahasiswa dan masyarakat.

Salah satu perwakilan dari KEMENSENBUD yakni Idris mengungkapkan bahwa “Melestarikan seni dan kebudayaan tidak perlu menjadi pelakunya langsung, cukup dengan cara kita mencermati dan memperhatikan itu sudah termasuk menjadi pelestari kesenian dan kebudayaan yang ada,”pungkasnya.(Deden Kurnia*).

Berita ini 67 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kilas Budaya

Wabup Helmi Buka Acara Gelar Budaya Milangkala ka 14 Yang di Gelar Asgar Buana Nusantara

Kilas Budaya

Kebahagiaan Bupati Garut Terlihat Saat Hadiri Grand Final Pasanggiri Mojang Jajaka Tahun 2023, Berikut Ini Daftar Pemenangnya !

Kilas Budaya

H.Alan Partimbang : Apresiasi DPD Lasqi Melestarikan Seni Qasidah di Kabupaten Garut

Kilas Budaya

Seni Bela Diri Prestasi dan Budaya, Buchori: Pencak Silat Alat Pemersatu Masyarakat

Kilas Budaya

Komisi Teknik GPMPP Garut Dorong Pemkab Garut Tingkatkan Sektor Ekonomi dan Pariwisata Melalui Budaya
Kadiskanak Garut Beni Yoga Gunasantik hadiri lomba ketangkasan domba garut

Kilas Budaya

Pelestarian Genetik Agar Tetap Terjaga, Diskanak dan HPDKI Adakan Lomba Seni Ketangkasan Domba Garut

Kilas Budaya

H.Alan Partimbang : Lestarikan Batu Akik di Kabupaten Garut

Kilas Budaya

Kapolda Jabar Tutup Seni Ketangkasan Domba Garut Piala Kapolda Jawa Barat dan Berikan Tali Asih