Home / Redaksi Kilas

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:30 WIB

Waw, Wisata Situ Bagendit Bisa Hasilkan PAD 5 Milyar Per Tahun

Kilas Garut News-Bupati Garut, Rudy Gunawan menghadiri Rapat Kerja Bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kata Akhir Fraksi dan Keputusan DPRD yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jum’at (24/6/2022).

Dalam sambutannya dihadapan pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Garut,  Bupati Garut menyampaikan bahwa hingga saat ini pemerintah pusat belum menyerahkan aset Situ Bagendit kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut. Rudy mengatakan, pengelolaan tanah milik Pemkab Garut terdapat 120 hektar lebih, namun terkait kegiatan sebelumnya asetnya belum diserahkan kepada pemerintah daerah.

“Karena hibahnya lebih daripada 50 miliar (rupiah) wajib mendapatkan persetujuan Presiden, sampai hari ini kami hanya menerima surat dari Kementerian PUPR (untuk) penggunaan sementara,” ucap Rudy.

Ia menuturkan, penyerahan aset Situ Bagendit akan dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku. Maka, imbuh Rudy, Situ Bagendit saat ini belum tercatat sebagai aset Pemkab Garut karena masih menunggu konfirmasi dari pemerintah pusat.

Baca Juga :  Bahas Intoleransi Bersama Warga, Polsek Singajaya Polres Garut Giat Jum'at Curhat

Terkait pengelolaannya, Rudy memaparkan saat ini pihaknya hanya mengacu kepada Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015, Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 14 Tahun 2016, Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2018, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Pemanfaatan Milik Daerah atau Pengelolaan Barang Milik Daerah.

“Nah tentu kami akan berkirim surat kepada DPRD, karena sekarang ini setiap hari ada saja yang audiensi kepada DPRD mengenai pengelolaan Situ Bagendit, jadi kita akan menyampaikan dulu surat,” ucapnya.

Setelah mengirimkan surat kepada DPRD, imbuh Rudy, pihaknya akan melakukan diskusi langsung dengan DPRD terkait langkah-langkah yang akan dilakukan setelah Situ Bagendit diserahkan ke pemerintah daerah.

“Siapa tahu barang itu nanti baru tahun depan diserahkan kepada kita, kita tidak mempunyai kewenangan untuk mengatur hal yang berhubungan dengan Bagendit, kecuali sekarang ini hanya selembar surat dari Kementerian PUPR,” lanjutnya.

Baca Juga :  Tercipta Harmonisasi Personil Polsek Ngobrol Santai Bareng Warga di Poskamling

Terakhir, Rudy mengatakan pihaknya akan terus melakukan langkah konkret untuk bisa menyelesaikan permasalahan terkait pengelolaan Situ Bagendit. Ia menuturkan, pihaknya telah berdiskusi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan terkait Situ Bagendit yang berpotensi memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 5 miliar pertahun.

“Kami akan tetapkan tahun depan 5 miliar pertahun baik dilaksanakan kerjasama dengan daerah, kerjasama dengan pihak swasta, atau dikelola sesuai dengan ketentuan yang berlaku, tapi kami tidak akan lepas konsultasi dengan DPRD, karena itu adalah aset kita, kalau suratnya sudah datang ke Pemda Garut,” tandasnya.(red*).

Berita ini 26 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Redaksi Kilas

Polsek Garut Kota Polres Garut Pastikan Bantuan Sembako Dari Pemerintah Tepat Sasaran

Redaksi Kilas

Polres Karawang Berhasil Ungkap Cinta Segitiga Berujung Maut

Redaksi Kilas

Wagub Jabar : Mau Mudik di Vaksin Dulu dan Tetap Perketat Protokol Kesehatan

Redaksi Kilas

Kapolsek Karangpawitan Pastikan Tidak Ada Pemotongan Dalam Penyaluran Bansos BPNT, BBM dan PKH

Redaksi Kilas

Diskominfo Garut Jalin Kerja Sama Dengan Badan Siber Sandi Negara Terkait Anti Terorisme

Redaksi Kilas

Dimomentum Idul Adha, Bhakti Pemuda Foundation Melalui Program QIBAS Salurkan Hewan Qurban dan Santuni Anak Yatim 

Redaksi Kilas

Dukung Upaya Pemkab, Legislator PDIP ini Turun Gunung Blusukan Ke Tiap Posyandu Support BIAN

Redaksi Kilas

Cegah Kriminalitas di Malam Hari, Polsek Wanaraja Polres Garut Himbau Mengaktifkan Kembali Ronda Malam