Home / Redaksi Kilas

Minggu, 12 Juni 2022 - 19:28 WIB

Racana Wiyata Mandala IPI Garut Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat Bertema “Racana Bersantun & Peduli Lingkungan”

Kilas Garut News-Tim Reaksi Cepat & Bina Masyarakat Racana Wiyata Mandala IPI Garut menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan ini diberi judul “Racana Bersantun & Peduli Lingkungan”. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua hari dimulai pada Sabtu kemarin. 11/6/2022.

Kegiatan ini merupakan salah satu program terakhir yang dilaksanakan oleh dewan Racana Wiyata Mandala dimasa bakti nya 2021/2022.
Kegiatan ini bertempat di Desa pangauban Kec. Cisurupan Garut serta bekerja sama dengan berbagai pihak diantaranya Lembaga Konservasi LFP (Little Fireface Project) dan juga Pemerintah Desa setempat (Ds. Pangauban) dan Perhutani (KPH Cisurupan).

Beberapa hal yang menjadi kegiatan utama kali ini diantaranya Seminar Konservasi mengenai bagaimana pentingnya dan manfaatnya merawat serta menanam pohon, kemudian pembagian sembako dari Racana Wiyata Mandala untuk peserta dan yang terakhir adalah penanaman pohon bersama.

Baca Juga :  Hari ke 3, Sat Polairud Polres Garut Terus Lakukan Pencarian Korban

Ketua Racana Agus Risman menyampaikan peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 25 orang yang merupakan anggota beberapa kelompok tani di desa pangauban.

“Setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak yang ikut merumuskan kegiatan kami diantaranya LFP dan Pemerintah desa kami mengambil kongklusi bahwa yang akan menjadi target kegiatan ini adalah para petani setempat, karena mereka memang memiliki lahan pertanian dan juga lahan-lahan mereka cocok untuk ditanami pohon karena terhitung kurangnya pohon yang ditanam sehingga tujuan kita dalam kegiatan ini untuk melestarikan lingkungan dan satwa akan tepat sasaran” katanya.

Baca Juga :  Hade Pisan,Mahasiswa IPI Garut Ini Berhasil Sabet "Gold Medal" di Ajang WSEEC 2021 Tingkat Internasional

“Pohon yang berhasil kita tanam bersama petani sebanyak 150 pohon diberbagai tempat atau lahan milik petani dan milik perhutani, ada beberapa jenis pohon yang kita bawa diantaranya ada pohon Kopi, Buah-buahan dan kayu manis. Petani tidak merasa keberatan untuk menanamkan pohon tersebut karena disamping mereka melaksanakan kewajibannya untuk melestarikan lingkungan mereka juga dapat mengambil manfaat lain dari pohon-pohon tersebut nantinya” Ucap Sindiyani (Ketua Racana Putri).(Deden Kurnia*).

Berita ini 22 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Redaksi Kilas

Unit Samapta Polsek Limbangan Polres Garut Gencar Melaksanakan Patroli Malam Hari

Redaksi Kilas

Sat Polairud Polres Garut Kenalkan Peran Dan Tugas Polisi Perairan

Redaksi Kilas

Kabupaten Garut Mencapai 99%, Bupati Garut Apresiasi Dinkes Garut Dalam Pelaksanaan Sub PIN Polio 

Redaksi Kilas

Masih Dalam Rangkaian Harlah Satu Abad PCNU Kabupaten Garut Gelar “Bathsul Masail Diniyah”

Redaksi Kilas

Strong Poin Polsek Bayongbong Polres Garut

Redaksi Kilas

Meriahkan Bulan Suci Ramadhan Polsek Cikelet Polres Garut Bagikan Takjil Gratis Untuk Masyarakat

Redaksi Kilas

Giat Sambang Bhabinkamtibmas Polsek Lemahabang Polres Karawang Polda Jabar

Redaksi Kilas

Kapolres Garut & Dir Reskrimum Polda Jabar Resmikan Ruang Ramah Anak dan Perempuan Sat Reskrim Polres Garut