Home / Redaksi Kilas

Rabu, 22 Juni 2022 - 22:12 WIB

Pohon Samida Dijadikan Sebagai Ikon Kabupaten Garut

Kilas Garut News-Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, pohon samida akan dijadikan sebagai ikon Kabupaten Garut, hal ini diungkapkan Bupati Garut saat melaksanakan kegiatan penanaman pohon bersama Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG) Garut di Komplek Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (22/6/2022).

“Ya, kami akan jadikan ikon Garut dan ini jadi icon Garut karena kami ada khususnya yaitu Kampung Samida yang ada di Selaawi,” kata Bupati Garut.

Rudy mengatakan, pohon samida ini memiliki manfaat yang luar biasa sebagai simbol pohon yang dianut oleh Prabu Siliwangi. Garut sendiri,  merupakan salah satu bagian dari wilayah kekuasaan Prabu Siliwangi yang dianggap oleh orang-orang sunda sebagai suatu simbol spiritnya orang Jawa Barat.

“Dan kami mempunyai fatsun ya terhadap Prabu Siliwangi, terhadap Prabu Kiansantang yang makamnya ada di Garut sebagai putra Prabu Siliwangi,” lanjutnya.

Baca Juga :  Setda Garut Terbitkan Surat Himbauan Terkait Peringatan Dini Potensi Ancaman Bencana Oktober 2022

Menurut Rudy, manusia dan alam mempunyai hubungan timbal balik atau hubungan mutualisme yang saling menguntungkan yang memerlukan banyak hal dari alam, begitupun sebaliknya, yaitu alam, membutuhkan manusia sebagai penjaganya.

“Tapi juga lingkungan harus dijaga karena air itu tersimpan di akar-akar, jadi air itu tidak datang dengan sendirinya, ketika ada mata air dari Cikahuripan itu pasti air itu berasal dari suatu datang yang lebih tinggi yang disimpan ketika musim kemarau itu dikeluarkan di gurat-gurat atau jalur-jalur air,” kata Rudy.

Baca Juga :  Satu Orang Alami Luka Berat Laka lantas di Jalur Malangbong-Limbangan, Polsek Cibatu Polres Garut Respon Cepat Menuju TKP

a menambahkan, pohon samida sendiri memiliki nilai ekonomis. Di Kabupaten Garut sendiri terdapat perusahaan kultur jaring yang berada di Karangtengah, yaitu PT. AIMS.

“Nah kami mencoba nanti lihat ada ini dibuatin kultur jaring, pemda nanti akan menganggarkan untuk membuat membeli yang seperti ini ditanam di beberapa tempat tapi harus dipulasara karena ini bukan pohon sembarangan,” tandasnya.(red*)

Berita ini 54 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Redaksi Kilas

Bhabinkamtibmas Polsek Rengasdengklok Hadiri Rapat Minggon Desa, Minggu Pertama Pasca Lebaran

Redaksi Kilas

Hasil Ops Pekat Polsek Kadungora Polres Garut Berhasil Temukan Miras Tanpa Izin 

Redaksi Kilas

Kegiatan Hari Menanam Pohon Nasional Tahun 2022 Dihadiri Polsek Leuwigoong Polres Garut

Redaksi Kilas

Usai Olahraga Bersama, Kapolres Purwakarta Makan Bersama Anggota 

Redaksi Kilas

Silaturahmi Kapolsek Cibuaya Polres Karawang Dengan Warga masyarakat

Redaksi Kilas

Polsek Cilawu Polres Garut Bantu Awasi Pelajar Dari Kasus Bullying

Redaksi Kilas

Sinergitas TNI dan Polri Polsek Purwakarta Lakukan Sambang Bersama

Redaksi Kilas

Brigadir Arman Unit Lantas Polsek Limbangan Polres Garut Giat Kamseltibcarlantas