Home / Redaksi Kilas

Selasa, 31 Mei 2022 - 21:09 WIB

Polsek Kadungora Polres Garut Lakukan Penyekatan Kendaraan Pengangkut Hewan Tanpa SKKH

Kilas Garut News-Polsek Kadungora putar balik kendaraan pengangkut hewan ternak apabila tidak dilengkapi dokumen SKKH ( Surat Keterangan Kesehatan Hewan ) yang dikeluarkan dari dinas perikanan dan peternakan.

Kapolsek Kadungora Kompol Drs. Krisna Irawan menyampaikan kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan tentang peningkatan Kewaspadaan terhadap Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) . Surat Keputusan Menteri Pertanian RI tenang penetapan daerah wabah PMK dan Surat Edaran Bupati Garut tentang PMK pada hewan ternak.

Pelaksanaan monitoring dan pengawasan hewan ternak yang keluar atau masuk dari dan ke wilayah Polsek kadungora dengan cara penyekatan untuk menghindari perdagangan hewan ternak dengan melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen hasil pemeriksaan dokter hewan dari Balai Karantina Dinas Pertanian dan Peternakan

Baca Juga :  Panit Sabhara Polsek Garut Kota Polres Garut Gencar Sosialisasikan Bahaya Nyalakan Petasan

Hewan ternak yang menjadi sasaran pemeriksaan adalah hewan ternak berkaki empat diantaranya Sapi, Kerbau, Kuda, Kambing, Domba dan lain lain yang terindikasi berpotensi menderita Penyakit Mulut dan Kuku.

Penyekatan tersebut dilaksanakan di bawah pimpinan Kapolsek Kadungora bersama Satuan Fungsi Lalu Lintas, Satfung Samapta, dan Satfung lainnya pada Polsek Kadungora, Polres Garut.

Dikarenakan tidak adanya kelengkapan dokumen SKKH ( Surat Keterangan Kesehatan Hewan ) dari Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten Garut, maka hewan ternak domba tersebut dikembalikan kepada penjual hewan ternak sebanyak 46 ekor yang diangkut dengan kendaraan pickup dengan pembelianya berasal dari pasar hewan andir Kecamatan Bayongbong untuk tujuan pengiriman pasar hewan Cikarang Bekasi. Hal tersebut merupakan bagian dari upaya antisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku., ungkap Kapolsek.

Baca Juga :  Kebakaran Hebat Terjadi di Pasar Bayongbong, Kios Ciki Ludes Terbakar

Himbauan bagi peternak dan penjual hewan ternak apabila dalam melakukan jual beli atau perpindahan hewan ketempat lainya agar mengikuti peraturan yang ada untuk kepentingan yang lebih luas dalam rangka penanggulangan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak diantaranya hewan ternak dilengkapi dengan dokumen surat keterangan Kesehatan Hewan ( SKKH ) dari dinas Pertanian dan Peternakan dari mana hewan tersebut berasal.(Deden Kurnia/Humas Polres Garut*).

Berita ini 47 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Redaksi Kilas

BNN Bersama Diskominfo Garut Jalin Sinergitas Program P4GN

Redaksi Kilas

Diklat Inovasi Produk dan Pendampingan Digitalisasi Bagi Pelaku UKM Batik Garutan

Redaksi Kilas

Polsek Garut Kota Giat Pengamanan Gereja GPDI
Polsek Wanaraja saat menghadiri giat seminar

Redaksi Kilas

Polsek Wanaraja Menghadiri Seminar Literasi Digital

Redaksi Kilas

Bhabinkamtibmas Polsek Caringin Polres Garut Sosialisasikan TPPO Kepada Warga Desa Binaannya 

Redaksi Kilas

Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Polres Garut Gelar Lomba TPTKP 

Redaksi Kilas

DPC GMNI Garut Gelar Audiensi Dengan Disdukcapil Garut Evaluasi Bobroknya Pelayanan Administrasi Kependudukan

Redaksi Kilas

Peduli Sesama Polsek Talegong Beserta Bhayangkari Bhakti Sosial Kepada Warga Terdampak Gempa Bumi