Home / Redaksi Kilas

Minggu, 15 Mei 2022 - 22:42 WIB

Polres Garut Gerak Cepat Antisipasi Penyebaran PMK Pada Hewan Ternak

Kilas Garut News-Guna mengantisipasi PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku) Pada hewan ternak, Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, S.I.K., M.Si. menyampaikan kepada seluruh jajaran Polres Garut agar melakukan sosialisasi, edukasi, pengecekan dan penyemprotan cairan disinfektan ke para peternak hewan milik warga yang berada diwilayah Kabupaten Garut, Minggu (15/5/2022).

Kegiatan ini dilakukan guna mencegah dan mengawasi penularan wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak di wilayah Kabupaten Garut diantaranya satuan fungsi Sabhara Polres Garut dibawah pimpinan Kasat Sabhara AKP Yudiono melaksanakan penyemprotan disinfektan pada peternakan sapi di desa Margawati Kecamatan Garut Kota, sementara polsek jajaran Polres Garut yang melakukan kegiatan yang sama pada hari ini yaitu Polsek Talegong, Kadungora, Tarogong Kidul, Cihurip, Cilawu, Cibiuk, Pemeungpeuk, Leles, Pamulihan dan Limbangan, serta Kapolsek Pasirwangi AKP Abusono Bersama anggota memberikan penyuluhan dan edukasi kepada panitia penyelenggara kontes ketangkasan Domba untuk menghentikan sementara kegiatannya dengan maksud untuk menghindari penyebaran virus PMK tersebut sesuai surat dari dinas pangan dan peternakan Propinsi Jawa Barat.

Baca Juga :  Anggota Patroli Polsek Tirtajaya Polres Karawang Tingkat Kembali Patroli Prekat 

Selain itu, pengecekan langsung ke peternakan dan berkoordinasi terkait kegiatan pengawasan tersebut.dan pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dan Kebersihan hewan ternaknya,” tutur . Kapolres Garut

“Tetap patuhi prokes dan juga tetap jaga situasi Kamtibmas dilingkungannya masing masing” imbaunya.

Baca Juga :  Polsek Cisewu Polres Garut Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Sementara itu, Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, S.I.K., M.Si. mengatakan Pihak Kepolisian bergerak cepat pasca merebaknya penyakit mulut dan kaki (PMK) yang menyerang hewan ternak, yang langsung melakukan himbauan, sosialisasi , edukasi dan pengecekan hewan ternak warga.

Adapun himbauan kepada peternak berdasarkan surat pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan nomor : 2085/PT.01.04.04/Prodnak tanggal 11 Mei 2022 adalah agar dapat menunda sementara kegiatan kegiatan sebagai berikut :

  1. Kontes ternak
  2. Seni ketangkasan
  3. Kegiatan pengadaan ternak
  4. Penyebaran ternak
  5. Kegiatan lainnya yg berisiko dapat menularkan penyakit PMK.

(Deden Kurnia/Humas Polres Garut*).

Berita ini 22 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Redaksi Kilas

BPBD Garut Sosialisasikan Perubahan Perda Tentang Kebencanaan

Redaksi Kilas

Dan Unit Intel Kodim 0611/Grt Dampingi Anggota Melaksanakan Kegiatan Ketahanan Mars

Redaksi Kilas

Kapolres Garut Tindak Tegas Anggota dan Masyarakat Terlibat Judi Online 

Redaksi Kilas

Berikan Pemahaman Tugas Fungsi BPD, DPD ABPEDSI Garut Adakan Bimtek Sekaligus Halal Bihalal

Redaksi Kilas

Jumat Berkah, Kapolsek Cikajang Polres Garut Berikan Bantuan Sembako 

Redaksi Kilas

Polsek Bayongbong Lakukan Peningkatan Kapasitas Anggota Linmas Desa Hegarmanah

Redaksi Kilas

Kegiatan Sambang dan Sapa Warga Dilakukan Oleh Bhabinkamtibmas Polsek Maniis Polres Purwakarta Kepada Warga Desa Binaanya

Redaksi Kilas

Perkuat Sinergitas Polres Garut Kukuhkan Sejumlah Da’i Kamtibmas