Home / Redaksi Kilas

Senin, 30 Mei 2022 - 18:57 WIB

Peringati HPAI, TP PKK Kabupaten Garut Gelar Donor Darah Digedung Islamic Center

Kilas Garut News-Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Garut bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut beserta pihak lainnya menggelar kegiatan Donor Darah dalam rangka Hari Perlindungan Anak Internasional (HPAI) Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2022 yang diselenggarakan di Gedung Islamic Center, Jalan Pramuka, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin (30/5/2022).

Wakil Bupati Garut juga selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Garut, dr. Helmi Budiman berterimakasih kepada penyelenggara serta masyarakat Garut yang telah bersedia mendonorkan darahnya demi menolong sesama masyarakat di Kabupaten Garut, khususnya bagi anak-anak pengidap talasemia.

“Saya berharap ini menjadi kegiatan yang rutin ya, dan terus-menerus ya, artinya lebih sering dan lebih rutin itu ini kan tahunan kalau yang ini kan mudah-mudahan ini bisa tiga bulanan atau dua bulanan karena memang masyarakat kita sangat butuh,” ucap Wabup Garut.

Ia menerangkan, pada masa pandemi sebelumnya pihaknya merasa kesulitan dalam melakukan kegiatan donor darah dikarenakan adanya pembatasan dalam mengumpulkan orang banyak.

Baca Juga :  Bupati Garut Lantik 21 PNS Dalam Jabatan Administrasi Di Pemkab Garut

“Tapi sekarang dengan mudah-mudahan pandemi ini sudah dicabut oleh Allah ya, mudah-mudahan dan masyarakat kita bisa bebas mendonor bisa bebas menolong masyarakat kita yang sangat membutuhkan,” lanjutnya.

dr. Helmi menuturkan, dalam rangka memenuhi kebutuhan stok darah di Kabupaten Garut, pihaknya sudah melakukan beberapa upaya salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan donor darah sampai ke tingkat desa.

“Sudah, jadi kita memang kenapa kita sekarang sudah bisa memenuhi darah dari masyarakat itu sendiri karena memang aktifitas PMI sekarang bukan lagi di tingkat kabupaten tapi masuk ke kecamatan, bahkan kita sudah banyak juga yang diselenggarakan di desa-desa,” tuturnya.

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Garut, dr. Hani Firdiani Budiman menyampaikan acara donor darah ini merupakan suatu rutinitas TP PKK Kabupaten Garut sejak tahun 2014 lalu. Namun, dr. Hani memaparkan, untuk saat ini kegiatan dilaksanakan dalam rangka momentum Hari Perlindungan Anak Internasional Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2022 yang diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Baca Juga :  Polsek Bungbulang Polres Garut Cek TKP Pecahnya Pipa Saluran Air : Diawali Akibat Pergeseran Tanah

“Jadi kami mencocokkan dengan momentum itu. Tapi di
luar itu kami melakukan insha allah secara rutin, minimal ya dalam satu tahun kemarin (saat) pandemi itu dua kali, kalau yang rutinnya kita harapkan tetap tiga bulan sekali. Mudah-mudahan nanti sudah normal lagi,” ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya menargetkan lebih dari 500 labu kantong darah dalam acara donor darah kali ini, hal itu dikarenakan pihaknya menginginkan adanya pengisian terhadap kekosongan stok darah PMI Kabupaten Garut di bulan Ramadan dan bulan Syawal.

“Terutama untuk anak-anak talasemia, anak-anak talasemi di Garut itu menghabiskan sekitar 60-70% dari stok darah. Jadi kebutuhan darah Garut itu sekitar 2000 (labu perbulan), kebutuhan anak talasemi itu sekitar 60-70%,” lanjutnya.

Ia berharap, masyarakat Garut dapat melakukan donor darah secara rutin, dikarenakan selain sehat donor darah juga bisa menyelamatkan masyarakat lain nya.”harapnya(Agus*).

Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Redaksi Kilas

Polsek Tarogong Kaler Polres Garut Tertibkan Knalpot Brong

Redaksi Kilas

Global Zakat-ACT Garut, Apresiasi Perjuangan Dakwah Ustadz Sodikin Yang Buta

Redaksi Kilas

Polsek Garut Kota Polres Garut Bubarkan Balapan Liar Saat Patroli

Redaksi Kilas

Ketua Perbasi Garut Minta Kerjasama Untuk Bangun dan Sukseskan Alat Basket di Garut

Redaksi Kilas

Situ Rancahideung Cihurip di Taburi 210 Ribu Benih Ikan

Redaksi Kilas

Tingkatkan Kedisiplinan Dalam Bertugas, Kanit Pam Obvit Samapta Polres Garut Cek Kesiapan Personel

Redaksi Kilas

Polsek Kadungora Kembali Tertibkan Knalpot Bising

Redaksi Kilas

Unit Lalu-Lintas Polsek Purwakarta, Gatur Pagi-Siang dan Sore, Cegah Kemacetan