Home / Redaksi Kilas

Senin, 16 Mei 2022 - 22:33 WIB

Antisipasi Penyebaran PMK, Kapolres Garut Langsung Pengecekan Hewan Ternak di Beberapa Lokasi

Kilas Garut News-AKBP Wirdhanto Hadicaksono, S.I.K., M.Si. terjun langsung dalam rangka mengantisipasi penyebaran PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku) Pada hewan ternak, milik warga yang berada diwilayah Kabupaten Garut, Senin (16/5/2022).

Kegiatan tersebut dimulai sejak pukul 11.00 WIB didampingi oleh Kapolsek Garut Kota AKBP Deden Mulyana, SH. MH., Kasat Intelkam AKP Tito Bintoro, SH. M.Si., Kasat Reskrim AKP Dede Sopandi, SH., Kasie Propam AKP Amat Rahmat, Kapolsek Tarogong Kaler Iptu Budiman,S.H, Pamin Intelkam Ipda Wawan Hernawan, S.Ip., Kasie Humas Ipda Cahya, Lurah Margawati , Kapolsek Tarogong Kidul Iptu Budiman Suhardiana, dan Kepala Desa Rancabango.

Kapolres Garut mengunjungi lokasi Perternakan Sapi dalam rangka antisipasi penyebaran PMK (Penyakit Mulut dan Kaki) di Wilayah Kab. Garut. Diantaranya Lokasi kunjungan tersebut adalah peternakan kandang sapi milik Bp. H. Engkus alamat Kp. Galumpit Kel. Margawati Kec. Garut Kota Kab. Garut. Dan Peternakan Wisdom ( Wisma Domba ) yang memelihara sekitar 400 ekor domba semua dalam keadaan sehat tidak ada yang terkena penyakit mulut dan kaki yang berada di Kampung. Cimuncang RT.03/RW.07 Desa Rancabango Kecamatan Tarogong Kaler Kab. Garut.

Baca Juga :  Maraknya Penggunaan Knalpot Bising Polsek Cilawu Polres Garut Lakukan Operasi Knalpot Racing Di Wilayah Hukumnya

Kapolres Garut melakukan pengecekan Hewan Ternak dan diketahui bahwa di Perternakan kandang sapi milik Bp. H. Engkus alamat Kp. Galumpit Kel. Margawati Kec. Garut Kota Kab. Garut terdapat 5 (Lima) ekor yang terindikasi PMK ( Penyakit Mulut dan Kaki) serta sudah dalam perawatan secara isolasi(terpisah) oleh Dinas Perternakan Kab. Garut.

Penyemprotan disinfektan yang dilakukan Kapolres Garut ke lokasi ternak yang sudah diisolasi dalam upaya membantu dan memberi dukungan kepada peternak untuk rutin menjaga kesehatan ternak

Baca Juga :  Geng Motor XTC Diamankan Polres Garut, Kasi Humas : Masih Pemeriksaan Sat Resrim

Kapolres Garut memberikan arahan agar pemilik hewan ternak yang ada di wilayah Desa / kelurahan didata dan dibuatkan grup WA yang keanggotaannya termasuk Babinkamtibmas, Lurah dan UPT perternakan dengan maksud dapat mensosialisasikan penyakit mulut kaki dari gejala sampai dengan penanggulangan.

Adapun himbauan kepada peternak berdasarkan surat pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan nomor : 2085/PT.01.04.04/Prodnak tanggal 16 Mei 2022 adalah agar dapat menunda sementara kegiatan sebagai berikut :

  1. Kontes ternak
  2. Seni ketangkasan
  3. Kegiatan pengadaan ternak
  4. Penyebaran ternak
  5. Kegiatan lainnya yg berisiko dapat menularkan penyakit PMK.

Kapolres Garut menyampaikan bahwa selain penggunaan obat obatan dari Dinas Perternakan juga bisa menggunakan obat obatan herbal ( tradisional ) dalam pengobatan dan pencegahan PMK ( Penyakit Mulut Kaki ).(Deden Kurnia*).

Berita ini 23 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Redaksi Kilas

Patroli Gabungan Gencar Dilakukan Polsek Karangpawitan Polres Garut, Geng Motor dan Balapan Liar Jadi Sasaran Utama

Redaksi Kilas

Kapolsek Pedes Polres Karawang Pimpin Anggota Laksanakan Patroli Dini Hari Cegah Kejahatan di Wilayah Hukum Polsek Pedes

Redaksi Kilas

Polres Garut Lakukan One Way Jalur Tarogong – Kadungora

Redaksi Kilas

Polsek Cilawu Polres Garut Ikuti Giat Donor Darah

Redaksi Kilas

2 Pelaku Pengedar Barang Haram Berhasil Diamankan Jajaran Polsek Karangpawitan Polres Garut

Redaksi Kilas

Bhabinkamtibmas Polsek Karangpawitan Bripka Supriyadin Meaksanakan Quick Wins Presisi Bersama Pemuka Agama

Redaksi Kilas

Safari Subuh Kapolres Garut Ke Masjid Besar Tarogong Kaler Garut

Redaksi Kilas

Wabup Garut Kembali Monitoring Pasca Banjir di Kecamatan Banjarwangi