Home / Kilas Terkini

Kamis, 7 April 2022 - 09:39 WIB

Rumah Sakit Malangbong di Jadikan Rumah Sakit Ponek di Garut Utara

Kilas Garut News – Guna menekan Angka Kematian Ibu/Angka Kematian Bayi (AKI/AKB) di Kabupaten Garut Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, menyampaikan sebuah gagasan, yakni  dengan berencana menjadikan Rumah Sakit (RS) Malangbong sebagai Rumah Sakit Ponek di Garut bagian utara. Rumah sakit PONEK merupakan rumah sakit rujukan yang memberikan pelayanan 24 jam untuk kegawatdaruratan ibu dan bayi.

Meskipun begitu, Helmi menyatalan, hal tersebut bisa dilakukan tergantung kepada kesiapan dari dokter spesialis yang ada di RS Malangbong. Apalagi, rumah sakit ini baru diresmikan beberapa bulan yang lalu.

Hal itu sempat diutarakannya saat menjadi pembicara di acara Lokakarya Kepemimpinan Masa Depan Indonesia Dalam Perencaan dan Penganggaran Terintegrasi (PPT) Kesehatan Reproduksi (Kespro), yang dilaksanan secara daring dan luring di Aulla Bappeda Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (6/4/2022).

“Nah mudah-mudahan karena kita kan baru saja kita jalankan yang Rumah Sakit Malangbong ini, nanti tergantung kepada kesiapan dari Dokter Spesialisnya, kita nanti ke Unpad mencoba cari Dokter Spesialis Obgyn yang bisa standby di sana (RS Malangbong),” ujar Wabup Garut saat diwawancara seusai melakukan kegiatan di Kecamatan Peundeuy, Kabupaten Garut, Rabu (6/4/2022).

Baca Juga :  Dandim 0611/Grt Bersama Koramil 1120/Cikelet Tebar Bibit Ikan Kerapu Untuk Tingkatkan Ketahanan Wilayah di Pesisir Pantai Selatan

Ia juga mengungkapkan bahwa memang pihaknya memiliki kebutuhan atau tugas untuk menyediakan rumah sakit yang nyaman bagi masyarakat.

“Ada jaminan dibayar gratis, kemudian ada jaminan ditolong dengan tenaga (kesehatan) yang ramah, yang nyaman gitu ya, karena ada di sebagian masyarakat juga yang menginginkan nggak boleh ada laki-laki kan di situ ya, yang malu gitu, ini juga kita siapkan,” ucapnya.

Sebelumnya, Bupati Garut, Rudy Gunawan, juga memaparkan bahwa pihaknya serius untuk menekan AKI/AKB di Kabupaten Garut, salah satunya yaitu melalui program yang digagas oleh DPPKBPPPA Garut yaitu STOP KABUR alias Strategi Optimalisasi Pencegahan Kawin Anak Bawah Umur.

Tentunya beragam strategi serta langkah-langkah konkret yang dilakukan oleh Pemkab Garut ini, guna mewujudkan target AKI/AKB di tahun 2024 agar bisa berada di angka 147.72.

Baca Juga :  Kapolsek Cibatu Lakukan Penyelidikan Lebih Dalam Ditemukannya Bayi Perempuan Terbungkus Handuk di Depan Pintu Rumah Warga

Rumah sakit ponek sendiri  di Garut hanya ada satu, yaitu RSUD dr. Slamet Garut, dimana keberadaanya untuk menyangga rujukan dari 67 puskesmas  yang berada di 42 kecamatan/421desa dan 21 kelurahan,  sehingga saat ini perlu ditambah rumah sakit daerah khusus persalinan.

Sementara itu Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Iman Purnama Ridho, menjelaskan, berdasarkan kasus kematian ibu saat persalinan tertinggi ada di RSUD dr Slamet Garut, penyebabnya berkaitan dengan 3 T;  Terlambat mengambil keputusan, Terlambat rujukan, dan Terlambat pertolongan.

“Yang dimaksud  beliau adalah Rumah Sakit Ponek, yaitu rumah sakit rujukan persalinan yang dilengkapi sarana prasarana persalinan serta dokter spesialis, dalam hal ini di Garut masih kurang,” jelasnya

Untuk menurunkan AKI/AKB di Garut, imbuhnya, nemang perlu RSU Ponek, yaitu di wilayah utara (RSU malangbong), tengah (RSU dr slamet) dan selatan (RSU pameungpeuk) yang statusnya milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat.(Deden Kurnia*).

Berita ini 88 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kilas Terkini

Bupati Garut Lantik 196 PPPK Guru Formasi 2021 di Lingkungan Pemkab Garut

Kilas Terkini

Satlantas Polres Garut Cek TKP Laka Lantas di Jalan Raya Nasional Antara Sasak Beusi-Bandrek

Kilas Terkini

Satreskrim Polres Garut Terus Olah TKP Penemuan Tiga Mayat

Kilas Terkini

Kapolri Bakal Sikat Siapapun Yang Terlibat TPPO

Kilas Terkini

Bupati Garut Ikuti Upacara Peringatan HUT RI Ke-76 Tingkat Nasional Secara Virtual

Kilas Terkini

Mantan Bupati Garut H.Agus Hamdani, S.Pd.I Tutup Usia

Kilas Terkini

Polres Garut Polda Jabar Gelar Apel Pasukan Ops Ketupat Lodaya 2022, Ini Yang di Sampaikan Wabup Garut

Kilas Terkini

Unit Patroli Polsek Purwakarta Berikan Himbauan kepada Jungkir di Jalan Sudirman Purwakarta