Home / Redaksi Kilas

Jumat, 21 Januari 2022 - 07:26 WIB

Pemkab Garut Pantau Stok Persediaan Minyak Goreng

Kilas Garut News – Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan (Disperindag) dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Garut memberikan klarifikasi terkait melonjaknya harga kebutuhan pokok yaitu minyak goreng, khususnya di Kabupaten Garut.

Kadisperindag dan ESDM, NIa Gania Karyana, menuturkan, pihaknya telah melakukan melakukan pemantauan harga minyak goreng Harga Eceran Tertinggi (HET) di beberapa pusat perbelanjaan dan Swalayan yang ada di kabupaten Garut. sesuai apa yang diperintahkan  Bupati Garut  untuk menindaklanjuti perintah Presiden Republik Indonesia. Berdasarkan hasil pemantauan timnya,  sudah sebanyak 80% supermarket dan minimarket di Kabupaten Garut, yang melakukan penjualan minyak goreng dengan harga Rp14.000/liter.

Beberapa pusat perdagangan dan swalayan yang dikunjungi dalam monitoring tersebut  antara lain Toserba Ramayana, Asia, Yomart, Yogya dan beberapa  sample pusat perbelanjaan lainnya.

Baca Juga :  Kasat Lantas Polres Garut Hadirkan Inovasi Baru Alat Ukur Timbang Portable, Apabila Overload Siap-Siap Kena Tilang

“Namun ada beberapa yang memang belum melakukan sesuai dengan ketentuan Pemerintah Republik Indonesia yang mengharuskan menjual minyak goreng di harga 14 ribu, nah hari ini juga kami sudah melakukan teguran lisan,” ujarnya saat ditemui di Kantor Disperindag dan ESDM Garut, Jalan Merdeka, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (20/1/2022).

Sementara untuk pasar rakyat sendiri, imbuh Kadisperindag dan ESDM, akan dilakukan penyesuaian harga selama 6 hari untuk menghindari kerugian bagi pedagang di pasar rakyat.

Pemerintah melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) telah melakukan upaya secara terus menerus, salah satunya dengan menyiapkan dana sebesar 7,6 triliun yang digunakan untuk membiayai penyediaan minyak goreng bagi masyarakat, yaitu sekitar 250 juta liter/bulan atau 1,5 miliar liter/bulan selama 6 bulan.

Baca Juga :  Polsek Cibiuk Polres Garut Sukseskan Program Polisi RW Agar Dapat Mendengar Keluhan Warga Secara Tatap Muka Langsung

“Jadi dalam 6 bulan ini pemerintah pusat akan melakukan terus menerus agar minyak goreng pada posisi stabil dan terjangkau oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, dikarenakan adanya lonjakan pembelian di supermarket dan minimarket. Nia Gania menyebut pihaknya telah menginstruksikan kepada para pengelola supermarket ataupun minimarket untuk menambah stok minyak goreng, agar masyarakat bisa mendapatkan produk tersebut dengan harga yang terjangkau.

“Hal ini di lakukan agar pelaku-pelaku usaha dan rumah tangga dapat melakukan aktivitas ekonomi dan rumah tangga dapat memberikan kehidupan kepada keluarganya dengan harga yang terjangkau,” tandasnya.(red*).

Berita ini 5 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Redaksi Kilas

Sirkuit BMX Salah Satu Gagasan KNPI Yang “Dikelabui”, Wakil Ketua DPD KNPI Garut : Kami Akan Mengawal Pembangunan Gedung Pemuda

Redaksi Kilas

Tingkatkan Keselamatan Berlalu Lintas Sat Lantas Polres Garut Cek Kelayakan Kendaraan Bus Antar Kota

Redaksi Kilas

Si Jago Merah Hanguskan Gudang, Polsek Singajaya Polres Garut Cek TKP

Redaksi Kilas

Polsek Cibalong Giat Hadiri Peragaan Manasik Haji dan Gebyar Mewarnai Mamamia bagi PAUD Formal TK

Redaksi Kilas

Polsek Tarogong Kaler Giat Pemantauan Pembagian BPNT

Redaksi Kilas

Bersama Kelompok 17 Membangun Pendidikan Ceria di Desa Sukasenang Melalui Program KKN ITG Dengan Tema “Mengajar Ceria”

Redaksi Kilas

Komitmen Polsek Cikajang Polres Garut Membersihkan Peredaran Minuman Keras

Redaksi Kilas

Antisipasi Terjadi Tindak Pidana, Polsek Purwakarta Polres Purwakarta Patroli Blue Light