Home / Redaksi Kilas

Senin, 24 Januari 2022 - 11:56 WIB

Gubernur Jabar Sebut Kriteria Rutilahu di Garut Hasil Seleksi di Tingkatan RT/RW

Kilas Garut News – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi beberapa titik Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang telah rampung diperbaiki di Desa Cibunar, Kecamatan Tarogong, Kabupaten Garut, Minggu (23/1/2022).

Untuk Garut sekitar 2.400 rumah pada tahun 2021 telah dibantu diperbaiki. Kang Emil berharap melalui program ini bisa memberikan kebermanfaatan secara langsung bagi masyarakat Garut khususnya.

“Di Garut ada 2.400-an pada tahun lalu yang kita bantu. Insyaallah kita bantu lagi di tahun ini. Mudah-mudahan terasa langsung oleh masyarakat dari rakyat uangnya kembali ke rakyat,” sebut Gubernur.

Baca Juga :  Polsek Kadungora Polres Garut Amankan Miras Dan Dua Orang Pemuda Oknum Komunitas XTC

Program perbaikan rutilahu merupakan komitmen Pemda Provinsi Jawa Barat dalam menyejahterakan warga. Hingga saat ini menurut kang Emil sapaan Ridwan Kamil sudah 38.290 rumah tidak layak huni (rutilahu) di 1.232 desa dan kelurahan yang tersebar di 27 kabupaten/kota sepanjang tahun 2021.

Gubernur menjelaskan bahwa pemilihan rumah yang diperbaiki merupakan hasil aspirasi dari tingkat RT/RW yang diseleksi menyesuaikan dengan kebutuhan paling mendesak.

“Proses pemilihan merupakan aspirasi dari bawah, untuk itu silakan ajukan kepada kepala desa (atau lurah) lewat RT/RW nanti diseleksi sesuai jatahnya, kalau belum dapat mohon bersabar menunggu di tahun berikutnya,” jelasnya.

Baca Juga :  Dalam Milad Ke -21 Yayasan Prima Insani Garut Gelar Kegiatan Literasi Keluarga

Gubernur menyebut program ini merupakan rasa sayang Pemda Provinsi Jawa Barat terhadap warganya yang bisa menjadi kabar bahagia selama pandemi COVID-19. Menurut Gubernur, setiap tahun Pemda Provinsi Jabar selalu menganggarkan dana untuk rutilahu. Namun dikarenakan pandemi COVID-19, Jabar mengalami sedikit kendala dari segi jumlah dana.(red*).

Berita ini 6 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Redaksi Kilas

Polsek Cibiuk Polres Garut Giat Binluh Pada Siswa di SMPN

Redaksi Kilas

KONI Garut Tidak Hadir, Penasehat Even Sepeda Milangkala ke Satu Cipanasloop Kecewa

Redaksi Kilas

Monitoring Dan Pendampingan Giat Posyandu Di Wilayah Desa Jati Oleh Polsek Tarogong Kaler

Redaksi Kilas

SMKS Sentosa Cilawu Gelar Pelantikan & Angkat Sumpah Asisten Tenaga Kesehatan

Redaksi Kilas

Sat Polres Garut Berikan Bantuan Kaki Palsu Kepada Purnawirawan Polri

Redaksi Kilas

Kapolsek Cilawu Polres Garut Tinjau Langsung Pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

Redaksi Kilas

Cegah Aksi Penyakit Masyarakat dan Kriminalitas Personil Polsek Tegalwaru Polres Karawang Patroli KRYD 

Redaksi Kilas

Polsek Cisurupan Polres Garut Berikan Himbauan Kamtibmas Pada Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Di SMAN 16 Garut