Home / Redaksi Kilas

Rabu, 12 Januari 2022 - 22:43 WIB

Bupati Garut Apresiasi Pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana Yang Diinisiasi Universitas Garut

Kilas Garut News Bupati Garut, Rudy Gunawan menjadi keynote speech dalam acara Seminar Nasional Bencana Hidrometeorologi Kabupaten Garut Tahun 2021: Lesson Learned dengan tema Launching Forum Perguruan Tinggi Untuk Pengurangan Risiko Bencana (FPT PRB), yang dilaksanakan di Aula Universitas Garut, Jalan Raya Samarang, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (12/1/2022).

Bupati Garut menuturkan, Kabupaten Garut memiliki ancaman terbesar bencana hidrometeorologi seperti beberapa bencana yang terjadi di akhir tahun 2021 yaitu bencana banjir bandang yang terjadi di Karangtengah dan Sukawening.

“Hidrometeorologi di Garut kan menjadi ancaman terbesar karena hujan, kelembaban, angin puting beliung, pergeseran tanah ya, dan sebagainya lah nah terutama yang menyangkut hujan awalnya itu,” kata Bupati Garut.

Baca Juga :  Kapolsek Leuwigoong Polres Garut Giat Ops Razia Premanisme dan Pungutan Liar

Melalui seminar ini, Rudy berharap pemerintah daerah bisa berkolaborasi dengan perguruan tinggi untuk dapat menentukan mitigasi bencana yang ideal di Kabupaten Garut, sesuai dengan kajian dan ilmu pengetahuan.

“Nah kita berharap dengan adanya ini ada mitigasi yang pas, tidak saling menyalahkan, karena kalau saling menyalahkan ada ini semua semua terlibat hujan juga terlibat tapi kalau hujan siapa yang mau hujan,” katanya  .

Baca Juga :  Polsek Banjarwangi Polres Garut Cek Lokasi Kejadian Bencana Alam Tanah Longsor

Rudy juga mengapresiasi Universitas Garut karena telah membentuk Forum Perguruan Tinggi untuk Pengurangan Risiko Bencana yang dapat membantu pemerintah daerah dalam pengurangan  risiko bencana di Kabupaten Garut. Bupati Garut pembentukan ini dinilai sebagai suatu langkah yang sangat strategis.

“Nah ini yang saya apresiasi yah jadi nanti kalo terjadi kebencanaan itu diskusi aja diskusi kecil diskusi besar, dan diskusi kecil ini kira-kira mau bagaimana ada rekomendasi. Kalau yang rekomendasi nya orang pinter secara teknokratik ilmu pengetahuan,” tandasnya.(red*).

Berita ini 5 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Redaksi Kilas

Kampanye Seger Bener Caleg PKS Garut Dikemas Secara Unik, Kapolsek Tarogong Kidul : Kegiatan Berjalan Lancar dan Kondusif

Redaksi Kilas

Pemkab Garut Serahkan 7 Set Perahu Kepada Nelayan

Redaksi Kilas

Polsek Leles Polres Garut Wujudkan Pemeliharaan Kamtibmas Yang Nyaman 

Redaksi Kilas

HPN 2022, DPD FPRN Provinsi Jabar Berikan Penghargaan kepada Kapolres Garut

Redaksi Kilas

Cegah Kriminalitas Unit Reskrim Polsek Telagasari Polres Garut Sasar Juru Parkir Liar

Redaksi Kilas

Awalnya Harus Bayar Biaya Perawatan di Rumah Sakit, Berkat Serka Jujun Babinsa Koramil 1113/Byb Kodim 0611/Grt Pasien Agifa Dirawat Gratis

Redaksi Kilas

Bersama Tokoh Masyarakat Polsek Cibatu Ngariung Kamtibmas

Redaksi Kilas

Polsek Karangpawitan Monitoring BIAN