Home / Kilas Terkini

Senin, 10 Januari 2022 - 23:35 WIB

Bencana Banjir Lumpur dan Longsor di Samarang Akibatkan Sejumlah Rumah dan Lahan Pertanian Habis Tergerus

Kilas Garut News – Akibat curah hujan yang cukup tinggi di kecamatan Samarang kabupaten Garut mengakibatkan di sejumlah titik di kecamatan Samarang terjadi banjir lumpur dan longsor serta pohon tumbang.

Camat Samarang Neneng Marlina saat dihubungi melalui seluler pribadinya membenarkan telah terjadi bencana banjir dan longsor terjadi sekaligus di empat titik di kecamatan Samarang kabupaten Garut Jawa Barat.

“benar telah terjadi bencana banjir di empat titik di kecamatan Samarang akibat hujan besar terjadi mulai pukul 15.00-17.00 WIB” katanya. Senin 10/1/2022.

Kali ini bencana banjir lumpur kata Neneng Marlina terjadi di Kp.Legok Pulus RT 02 RW 07 Desa Sukakarya sekitar pukul 15.30-16.00 WIB, mengakibatkan dua unit rumah milik pak Asep dan pak Endang terkena dampak dari bencana Banjir lumpur.

Bukan hanya rumah saja yang terdampak akibat banjir lumpur lanjut Neneng Marlina dua bidang kebun tanaman sayuran milik pak Amar seluas 500 tumbak termasuk milik pak Supian ikut tergerus bahkan sebanyak dua unit sepeda motor roda dua milik pak Asep ikut tergerus akibat banjir lumpur.

Dalam kejadian di lokasi ini alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Neneng Marlina menyampaikan untuk penanganan pertama dalam kejadian bencana banjir lumpur ini dipimpin langsung oleh forkopimcam Samarang bersama warga setempat ikut membersihkan material dan sampah di rumah warga dan jalan desa dilanjutkan oleh 3 Pilar Desa Sukakarya kecamatan Samarang, sementara dalam waktu yang bersamaan forkopimcam mendapatkan laporan kejadian longsor di Desa Parakan.

Baca Juga :  Kapolres Garut Hadiri Kunker Pangdam III/Siliwangi di Makorem 062/Tn

Lanjut Neneng Marlina untuk titik bencana longsor yang ke dua terletak di Kp.Cidarengdeng RT 01 RW 02 Desa Parakan Kecamatan Samarang.

“kejadian longsor mengakibatkan pohon tumbang dan material longsoran menutupi jalan Kp.Cidarengdeng dan menimpa sebuah rumah Semi Permanen ukuran Milik Cece Nurjaman (24) yang dihuni oleh 3 KK , 11 jiwa namun tidak ada korban jiwa, kerugian materi rumah rusak berat ukuran 3×6 M2 dengan taksiran kerugian sekitar Rp.30.000.000, ( tiga puluh juta rupiah )” ujar Neneng Marlina

Untuk sementara kata Nenneg Marlina warga yang terdampak longsor mengungsikan korban penghuni rumah ke rumah warga sekitar yang lebih aman membersihkan materi longsoran bersama warga masyarakat dipimpin oleh Kepala Desa Parakan bersama kurang lebih 100 orang masyarakat sampai saat ini pukul 20.15 WIB masih berlangsung.

Baca Juga :  Aksi Cepat Personil Tim UPRC Sat Samapta Polres Garut Bubarkan Balap Liar di Sukaregang

Bencana longsor dilokasi ini kata Neneng Marlina pihaknya sudah koordinasi dengan Kalak BPBD dan Kabid Dinsos.

“Bantuan tanggap darurat alhamdulillah telah di berikan dari BPBD berupa Gergaji Mesin dan paket tanggap darurat untuk korban dan masyarakat yang bergotong royong” ucapnya.

Titik lokasi ke tiga masih kata Neneng Marlina terjadi banjir luapan air di sepanjang jalan kamojang mulai dari Kp.Randukurung-Ciarileu-Cidadali-Situhapa-Legok Pulus dan longsoran tebing di beberapa lokasi tersebut.

Luapan air yang sangat besar kata Neneng mengakibatkan drainase tertutup tanah,dahan dan sampah serta mengakibatkan jalan semakin rusak dengang lubang semakin dalam.

Neneng berharap Dinas PUPR segera memberikan bantuan sirtu beberapa truk untuk menutup sementara lubang-lubang jalan dan bantuan personil serta alat untuk membersihkan drainase sepanjang jalan tersebut yang jauh dari masyarakat.

“Titik lokasi longsor yang ke empat adanya pohon tumbang tepatnya di Kp.Ciarileu RW 01 Parakan mengakibatkan tertimpanya salah seorang pengendara roda dua yang merupakan warga Kp.Kurjati Desa Parakan dalam kondisi luka ringan di sekujur tubuhnya”pungkasnya. (Deden Kurnia*).

Berita ini 37 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kilas Terkini

Innalillahi Wa Innailahi Roojiun, Garut Kembali berduka, 2 Desa di Kecamatan Sukaresmi diterjang Banjir Bandang

Kilas Terkini

Anak-anak Viral Aksi Ugal-ugalan di Buat Tak Berdaya Saat di Ringkus Tim Sancang Polres Garut

Kilas Terkini

Pasca Idul Fitri 1443 H/2022 M, ACT Garut Berikan Bantuan Pangan Untuk Para Pekerja Transportasi di Garut

Kilas Terkini

Aksi Heroik Jajaran Polres Garut Bantu Angkot Yang Mogok Ditinggal Sopirnya

Kilas Terkini

Polsek Leuwigoong Polres Garut Giat Ops Yustisi

Kilas Terkini

Pangdam III/Siliwangi: Robot Kalajengking, Teknologi Lokal Untuk Kemandirian Militer

Kilas Terkini

Warga Komplek Pepabri Dikejutkan Orang Meninggal Terjatuh Saat Kuli Bangunan, Kapolsek Tarogong Kaler Sebut Pihak Keluarga Sudah Iklas Menerima Ini Sebuah Cobaan

Kilas Terkini

Sat Polairud Polres Garut Berikan Bantuan ke Keluarga Korban Laka Laut