Home / Redaksi Kilas

Sabtu, 4 Desember 2021 - 18:38 WIB

Kadinsos Garut Sampaikan 4 Tugas IPSM Menurut Permensos Nomor 10 Tahun 2019

Kilas Garut News – Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Garut, menggelar Musyawarah Daerah (Musda) Tahun 2021, dilaksanakan di Aula Dinas Sosial (Dinsos) Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Sabtu (4/12/2021).

Kepala Dinsos Garut, Aji Sukarmaji, dalam sambutannya menyampaikan 4 tugas inti dari IPSM menurut Peraturan Menteri Sosial (Permensos) Nomer 10 Tahun 2019, yakni sebagai inovator, motivator, dinamisator, dan administrator.

Sebagai inovator, lanjut Aji, petugas IPSM yang berada di lapangan harus bisa melakukan suatu terobosan untuk menyelesaikan permasalahan sosial, melaksanakan kegiatan dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

Senada dengan Kadinsos Garut, Ketua IPSM Garut, Zakaria, mengungkapkan,  IPSM ini memiliki tugas yang banyak  dan berbagai permasalahan sosial yang harus ditanganinya. Maka dari itu, ia berharap periode selanjutnya kegiatan-kegiatan di lapangan bisa ditangani sebaik-baiknya sesuai aturan yang berlaku di Kementerian Sosial.

“Makanya kami dengan panitia mengharapkan untuk periode selanjutnya ini agar kegiatan-kegiatan yang langsung ke lapangan itu bisa ditangani sebaik-baiknya sesuai dengan aturan yang berlaku di Kementerian Sosial,” ujar Zakaria.

Baca Juga :  Dukung Program ODF Sebanyak 3.750 Kloset di Serahkan Langsung Secara Simbolis Kepada Camat Malangbong

Selama ini IPSM Kabupaten Garut, juga turut serta dalam permasalahan sosial di Kabupaten Garut, salah satunya yaitu dengan pemberian pelatihan kepada masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan.

“Jadi disini kami juga berusaha bagaimana misalnya permasalahan-permasalahan di lapangan yang tidak punya pekerjaan itu dikumpulkan, dibuat satu kelompok kemudian dikirim ke BLK, dilatih oleh BLK dan sekarang alhamdulillah bisa bekerja di Changshin, itu salahnya satunya,” paparnya.

Baca Juga :  Kapolsek Karangpawitan Melaksanakan Ngariung Kamtibmas di Ponpes Lathiful Huda

Selain itu, pihaknya turut serta memfasilitasi masyarakat, untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat berupa Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). Melalui komitmen kerja sama dengan Dinas Koperasi UMKM, kami di Garut, dari 725 KK yang diajukan ke Dinas Koperasi, sebanyak 500 KK berhasil mendapatkan bantuan.

“Itu meliputi ada yang di Pameungpeuk, ada yang di Cikelet, jadi hampir ada semuanya.” tandasnya.(Iman*).

Berita ini 7 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Redaksi Kilas

Tiga Rumah Terdampak Bencana Alam Tanah Longsor Polsek Banjarwangi Polres Garut Terjun Ke Lokasi 

Redaksi Kilas

KPU Garut, Masih Dalam Masa Aplikasi Verifikasi Administrasi Perbaikan Setiap Partai,ini dia Penjelasnya

Redaksi Kilas

Polsek Cisompet Polres Garut Giat Selenggarakan Apel Sinergitas TNI/Polri Serta Pemerintah Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut

Redaksi Kilas

Bupati Garut : Sepanjang 7 Kilometer Jalan Soekarno-Hatta di Bangunkan

Redaksi Kilas

Kondusifitas di Dalam Rutan Kelas II B, Sat Samapta Polres Garut Giat Patroli

Redaksi Kilas

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H, Dihadiri Sekda Garut Kodim 0611/Grt Gandeng Masyarakat Dusun 03 Gelar Karya Bakti

Redaksi Kilas

Bupati Garut Berpesan Agar Wisudawan Kuasai Bahasa hingga Keahlian Khusus

Redaksi Kilas

LH Garut Gelar Kegiatan “Gerakan Zero Waste” Anggota DPRD Garut Yudha Mengaku Mensupport dan Apresiasi