Home / Kilas Daerah

Selasa, 23 November 2021 - 11:41 WIB

Hingga 1 April 2022 Pemkab Garut Tetapkan Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi

Kilas Garut News – Pemerintah Kabupaten Garut menetapkan Siaga Darurat Bencana Hidrometelorologi mulai 1 November 2021 hingga 1 April 2022, hal ini dilakukan karena daerah ini memiliki ancaman bencana hidrometeorologi terbesar.

“Hidrometeorologi menjadi ancaman terbesar Kabupaten Garut, dan kita harus melakukan langkah-langkah terutama BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) menggerakkan kepada kesadaran mitigasi bencana individual di beberapa daerah rawan bencana,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan, saat memimpin apel gabungan terbatas, di Lapang Sekretariat Daerah (Setda), Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (22/11/2021).

Baca Juga :  Tiga Rumah Terdampak Bencana Alam Tanah Longsor Polsek Banjarwangi Polres Garut Terjun Ke Lokasi 

Bupati Garut meminta BPBD Garut untuk melakukan langkah-langkah dengan memperingatkan masyarakat untuk tetap siaga, mengingat saat ini kondisi curah hujan di Kabupaten Garut yang tidak terkendali sehingga rawan terjadi bencana banjir.

“Saya berharap saudara-saudara bisa membuat satu keputusan cepat sampaikan kepada kami untuk bisa dilaksanakan sebagai mana mestinya, terutama yang akan menghambat pergerakan perekonomian, kita masih punya BTT (Belanja Tak Terduga), BTT masih ada, tetapi harus digunakan efektif dan efisien,” tegasnya.

Mengantisipasi itu, pihaknya juga akan segera membenahi beberapa infrastruktur agar masalah kebencanaan di Kabupaten Garut bisa cepat teratasi.

Baca Juga :  Bupati Garut : Kenaikan Pangkat Adalah Bentuk Penghormatan Bagi ASN Termasuk Sekda Garut

“Tentu yang kita perbaiki sekarang ini sesuai kemampuan keuangan daerah adalah yang menyangkut transportasi yang vital, irigasi yang segera harus dibenahi, TPT yang segera harus dibangun, tapi kalau dibangun dalam kondisi yang sekarang curah hujan juga tidak menguntungkan. Lakukan langkah-langkah yang bersifat teknokratik untuk menyelesaikan masalah-masalah kebencanaan,” kata Rudy.

Rudy juga memerintahkan  Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Kabupaten Garut untuk melakukan langkah-langkah terkait pengeluaran BTT dalam hal kebencanaan di Kabupaten Garut agar bisa cepat diselesaikan.(Iman*).

Berita ini 5 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kilas Daerah

Pemkab Garut Gelar Upacara Peringatan HUT ke-73 Satpol PP dan Satlinmas ke-61 Tingkat Kabupaten Garut

Kilas Daerah

H.Nurdin Yana Hadir di Sukaresmi Berikan Bantuan Kepada Penyintas Secara Simbolis

Kilas Daerah

Bupati Garut : Ada Pungutan Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Akan di Tindak Tegas

Kilas Daerah

Garut Kota Diterjang Angin Puting Beliung Disertai Hujan Deras

Kilas Daerah

Wabup Garut Tinjau Langsung Pembangunan Rutilahu di Sukaresmi

Kilas Daerah

Patroli Bersama, Wujudkan Sinergitas Babinsa dan Bhabinkamtibmas Polsek Pasawahan Polres Purwakarta Semakin Solid

Kilas Daerah

Pasca Angin Puting Beliung, Polsek Pakenjeng Berikan Bantuan Sembako Bagi Warga Terdampak 

Kilas Daerah

Kapolsek Cisompet Pimpin Langsung Sosialisasi PPKM Darurat Kepada Para Pelaku Usaha