Home / Kilas Terkini

Selasa, 9 November 2021 - 01:31 WIB

Bupati Garut Instruksikan BPBD Lakukan Langkah Cepat Dalam Penanganan Bencana

Kilas Garut News – Bupati Garut, Rudy Gunawan, menyatakan dirinya sudah memerintahkan Sekretaris Daerah (Sekda) Garut yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, untuk melakukan langkah-langkah cepat dalam penanganan bencana di Kabupaten Garut.

Hal itu ia sampaikan di hadapan pimpinan dan anggota DPRD dalam kesempatan Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut Masa Sidang III Tahun 2021 dalam rangka Pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Garut Tahun 2022 dan 3 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Garut Tahun 2021 dengan Pokok Acara Jawaban Bupati Garut, berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (8/11/2021).

Baca Juga :  Siap-siap Formasi CPNS dan Formasi PPPK di Kabupaten Garut Akan Digelar, Ini Jadwalnya

Bupati Rudy juga mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut telah menerima catatan-catatan mengenai kebencanaan hidrometelogi yang kemungkinan terjadi di daerahnya, seperti adanya fenomena La Nina di mana muncul fenomena cuaca ekstrem, seperti hujan lebat, angin puting beliung, serta angin kencang.

Bahkan, Rudy menuturkan, pihaknya telah mendapatkan peringatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca yang tiba-tiba menjadi hujan deras.

“Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, atau BMKG menyampaikan peringatan dini kepada masyarakat Garut supaya hati-hati dengan cuaca yang mungkin tiba-tiba menjadi hujan yang sangat deras,” katanya.

Baca Juga :  SD Negeri 1 Karangpawitan di Bobol Maling, Polsek Karangpawitan Olah TKP

Sementara itu, berkaitan dengan beberapa bencana yang terjadi belakangan ini di Kabupaten Garut. Bupati Garut menuturkan bahwa pihaknya sudah menetapkan beberapa deerah sebagai daerah tanggap darurat bencana.

“Kita sedang melakukan rekonstruksi dan sudah ditetapkan tanggap darurat untuk kebencanaan yang ada di Kecamatan Sukaresmi, di kecamatan Cilawu, di kecamatan Banjarwangi, Kecamatan Cisompet, kecamatan Pameungpeuk dan juga ada di kecamatan Cikelet dan sedikit ada bencana di kecamatan Cisewu dan di Talegong. Tentu bencana ini masih berskala kecil, dan terbesar adalah di kecamatan Sukaresmi.” tandasnya. (Iman/Diskominfo Garut).

Berita ini 9 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kilas Terkini

Kehadiran Tim UPRC Sat Samapta Polres Garut di Pusat Keramaian Tekan Angka Kriminalitas

Kilas Terkini

Bupati Garut Apresiasi ACT Launcing Program Garut Humanity Care Line di Masa Pandemi Covid-19

Kilas Terkini

Pemkab Garut Bahas Tiga Hal Dengan BKKBN

Kilas Terkini

Sekmat Kecamatan Mekarmukti Pimpin Langsung Pelaksanaan Vaksinasi

Kilas Terkini

Unit Lantas Polsek Jatiluhur Atur Polres Purwakarta Lalin di Titik Rawan Kemacetan

Kilas Terkini

Peduli Kesehatan Warga Garut, H Alan Partimbang Jenguk Beberapa Pasien di RSUD dr.Slamet Garut

Kilas Terkini

Giat Gatur Rawan Pagi di Depan Mako Polsek Leuwigoong

Kilas Terkini

Sejumlah Kendaraan Roda Dua Diamankan Polres Garut, Pelaku Pencurian Dijerat Pasal 365 dan 480 KUHP