Home / Kilas Daerah

Rabu, 25 Agustus 2021 - 12:37 WIB

Akibat Pembakar Sampah Sembarangan, Lahan Disini Terbakar Habis

Kilas Garut News – Kondisi cuaca berangin cukup kencang menjadi salah satu hal yang patut diwaspadai. Hal ini dapat meningkatkan risiko kebakaran, terutama pada lahan di area terbuka.

Seperti halnya Kebakaran lahan kering yang terjadi, Rabu (25/08) sekitar pukul 11.20 WIB, di mana Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disdamkar Wilayah I Blubur Limbangan menerima perintah dari Markas Komando Disdamkar, menyusul  kejadian kebakaran lahan kering dan ilalang yang berada di dekat jalan umum dan pertokoan di Kampung Kaum, Desa Keresek, Kecamatan Cibatu. UPT Disdamkar Bl Limbangan merespon dengan menurunkan satu unit kendaraan pemadam.

Baca Juga :  Dukung Ketahanan Pangan Kapolres Garut Ikuti Kegiatan Penanaman Perdana Kacang Koro Dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-76

Berdasarkan keterangan dari warga di Tempat Kejadian Perkara (TKP), api pertama kali terlihat dari pembakaran sampah yang dengan cepat merambat ke ilalang dan rumput-rumput kering. Alhasil, lahan kering seluas 600 meter persegi terbakar. Beruntung, petugas dapat menangani kejadian ini dan situasi dinyatakan aman yang dibantu Polsek, Babinsa, Satpol PP serta warga setempat.

Kepala Sub Bagian Administrasi UPT Disdamkar Bl Limbangan, Deni Rusnandi mengatakan, kebakaran lahan perlu diwaspadai mengingat kondisi cuaca seperti sekarang ini didominasi oleh panas terik matahari dan hembusan angin yang cukup kencang.

Baca Juga :  Sat Reskrim Polres Garut Berhasil Ungkap Kasus Sindikat Pencurian di Cibatu, Ini Dia Wajah Para Pelaku

“Kepada seluruh masyarakat, harap untuk menghindari faktor penyebab kebakaran. Misalnya, pembakaran sampah yang dekat dengan bahan mudah terbakar, termasuk dalam kasus kebakaran lahan ini,” ,tuturnya.

Telah banyak kejadian kebakaran lahan yang ditangani oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut. Bahkan, pada tahun 2019 lalu menjadi puncaknya di mana kebakaran lahan terjadi lebih dari 50 kali. Berkaca dari hal tersebut, kewaspadaan terhadap aktivitas yang dapat memicu kebakaran lahan harus ditingkatkan lagi.

(Red*).

Berita ini 17 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kilas Daerah

Bupati Garut Ucapkan Terima Kasih Kepada Pemuda Atas Kontribusi Selama 10 Tahun Bersama Rudy-Helmi

Kilas Daerah

Menko PMK RI Apresiasi Kesiapan Pemkab Garut Hadapi Arus Mudik Tahun 2022

Kilas Daerah

Bupati Garut : Kami Minta Minta Maaf Atas Pelayanan Penanganan Bagi Pasien Covid -19

Kilas Daerah

Polsek Limbangan Polres Garut Cek TKP Rumah Roboh Milik Warga Desa Mekarsari

Kilas Daerah

Program STOP KABUR Untuk Tangani Perkawinan Dibawah Umur di Kabupaten Garut

Kilas Daerah

14,5 Hektare PT.Silver Skyline Indonesia Bangun Pabrik Sepatu, Prioritas 6000 Orang Warga Cibatu 

Kilas Daerah

Kalak BPBD Garut Bersama Sekolah Sungai Cimanuk Gelar Dialog Tentang Sungai Dalam Peringatan Hari Sungai Nasional

Kilas Daerah

Bupati Garut Ikuti Rakor Evaluasi PPKM Darurat Bersama Tim Satgas Pusat