Home / Kilas Pendidikan

Senin, 19 Juli 2021 - 18:21 WIB

Bupati Garut : MPLS Tahun ini Dilaksanakan Serentak Secara Virtual

Kilas Garut News – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk beberapa jenjang sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Senin (19/7/2021), secara resmi dimulai. Bupati Garut, Rudy Gunawan,  membuka, dalam video berduras 1,45 menit membuka kegiatan selama sepekan ini.

“Tentu hari ini adalah hari yang bahagia untuk anak-anakku, yang baru saja dinyatakan lulus, dari SD menuju SLTP, dan juga anak-anakku dari TK menuju SD kelas 1,” ujar Bupati Garut.

Ia menyebutkan bahwa pelaksanaan MPLS tahun ini dilaksanakan secara serentak dan dilakukan secara virtual melalui aplikasi video telekonferensi. “Tentu kenapa kita virtual karena pandemi makin hari makin mengganas, tentu kita sepakat menyelesaikan masalah ini dengan melaksanakan protokol kesehatan,” ucapnya.

Rudy menerangkan, bahwa anak-anak bisa belajar dari rumah, namun kualitas belajarnya harus tetap diawasi dan dilakukan sesuai dengan metode yang sudah diatur oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia.

Baca Juga :  Bupati Garut Tinjau Pelaksanaan PTM dan Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Leuwigoong

Melalui MPLS ini, lanjut Rudy, para siswa bis mengenal para guru, mengenal ruang sekolah, dan lain sebagainya, sehingga ia menginstruksikan kepala sekolah untuk membuat video tentang keberadaan sekolahnya.

“Saya minta kepada para kepala sekolah untuk membuat video tentang keberadaan sekolahnya, (dengan) memperkenalkan guru, memperkenalkan ruang kelas, memperkenalkan perpusatakaan, dan memperkenalkan juga hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan ekstrakurikuler,” lanjut Rudy.

Ia berharap di masa pandemi ini para siswa bisa tetap semangat  untuk belajar, berdoa dan tetap melaksanakan protokol kesehatan agar  terhindar dari pandemi Covid-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Garut, amanat Bupati Garut berbentuk video terkait pembukaan MPLS telah disebar luaskan ke seluruh lingkungan satuan pendidikan, para orang tua/wali, dan termasuk masyarakat, sebagai tanda dimulainya awal Tahun Pelajaran Baru 2021/2202 dan MPLS jenjang PAUD/TK, SD, dan SMP di Kabupaten Garut.

Baca Juga :  Vaksinasi Dikebut, Pemkab Garut Akan Turun Level

Menurutnya, MPLS tahun ini diikuti sekitar 155.710 peserta didik baru dari semua jenjang, di mana 75.495 peserta didik baru berasal dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), 45.624 peserta didik baru untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), dan 34.591 peserta didik baru untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Ia pun meminta masyarakat untuk bersabar atas penundaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) karena situasi pandemi Covid-19 yang belum terkendali. Meski demikian, berbagai skenario pembelajaran telah disiapkan oleh satuan pendidikan, salah satunya yakni dengan full PJJ BDR (Pembelajaran Jarak Jauh dan Belajar Dari Rumah).

“Sambil terus berbenah diri secara optimis untuk persiapan PTM Terbatas jika situasi dan kondisi Covid-19 sudah terkendali,” tandasnya.(Red***)

Berita ini 7 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kilas Pendidikan

Kasat Lantas Polres Garut Didatangi Anak TK Aisyah 3 Ciledug 

Kilas Pendidikan

Pesan Bupati Garut di Hari HUT PGRI ke-76 dan Hari Guru Nasional ke 27

Kilas Pendidikan

Jurnal Pendidikan Matematika IPI Garut atau MOSHARAFA, Naik Level Jadi SINTA 2

Kilas Pendidikan

Polsek Karangpawitan Melaksanakan Kegiatan Pembinaan Kepada Siswa MTs Al Hikmah

Kilas Pendidikan

Aksi Nyata Mahasiswa Prodi PTI IPI Garut Menggelar Seminar Pendidikan di SMK Darussalam Tarogong Kaler

Kilas Pendidikan

PJ Bupati Garut : Bantuan Hibah Insentif Keagamaan Bertambah, Angin Segar Untuk Guru MDT

Kilas Pendidikan

12.555 Anak Usia Dini Ikuti Program Edukasi Manasik Haji

Kilas Pendidikan

Babinsa Masuk Sekolah, Danramil 1112/Samarang : Cinta Tanah Air Ditanamkan Sejak Dini Kepada Siswa-siswi SMKN 14 Garut