Home / Suara Garut

Rabu, 30 Juni 2021 - 08:46 WIB

Disdamkar Garut Adakan Simulasi APAR

Kilas Garut News – Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Garut memberikan edukasi dan simulasi terkait penanganan dini kebakaran dan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) kepada para pegawai PT. Arkora Hydro yang berkecimpung di bidang Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Cikopo II, yang berlokasi di Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Selasa (29/6/2021).

Kegiatan yang dilakukan di halaman gedung perusahaan ini, diawali dengan penjelasan terkait teori api dan faktor penyebab kebakaran, kemudian petugas Disdmakar Garut mempraktekan cara penanganan dini kebakaran dengan metode tradisional dan metode modern.

“Metode tradisional dilakukan dengan alat sederhana, salah satu contohnya memadamkan api dengan handuk basah. Sedangkan, untuk metode modern menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR),” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Disdamkar Garut, Syam Sumaryana.

Baca Juga :  Rumah Semi Permanen Milik Ondi Habis Dilalap Sijago Merah di Mekarmukti

Kegiatan seperti ini, jelas Syam, memiliki urgensi tersendiri, karena ia menilai kebakaran bersifat membahayakan nyawa dan bersifat merugikan harta benda yang dimiliki.

“Saya mengapresiasi PLTM Cikopo II karena atas terselenggaranya kegiatan ini menandakan bahwa adanya kepedulian yang tinggi mengenai keberadaan aset perusahaan yang harus benar-benar dilindungi dari bencana kebakaran,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala PLTM Cikopo II, Hendri, mengungkapkan, dengan adanya simulasi dari Disdamkar ini, diharapkan para pegawainya bisa siap mengantisipasi jika terjadi bencana kebakaran.

Baca Juga :  Mobil Box di Jalur Pamengpeuk Terbakar, UPT Disdamkar Wilayah III Terjun ke Lokasi

“PLTM Cikopo II ini dimiliki oleh PT. Arkora Hydro yang bergerak di Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro dan telah beroperasi sejak tahun 2017. Dengan adanya simulasi ini saya harap para karyawan di perusahaan telah siap dalam mengantisipasi bencana kebakaran dan dapat mempraktekkan apa yang telah dilakukan oleh petugas Disdamkar saat simulasi,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini juga pihak Disdamkar Garut melaksanakan pemeriksaan mengenai alat-alat proteksi kebakaran di PLTM Cikopo II dan nantinya akan memberikan saran berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut.(red***)

Berita ini 36 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Suara Garut

BEM IPI Garut Kritisi Disdik Garut, Ini Yang Disampaikan

Suara Garut

Sentra Vaksinasi Garut Targetkan 28 Ribu Warga Mendapatkan Vaksinasi Dosis Pertama

Suara Garut

Ketua PWRI Jaya Garut : Terima Kasih Atas Do’a dan Bantuannya Untuk Jurnalis Garut Almarhum Heri Fajar

Suara Garut

Pemkab Garut Beri Bantuan Sepeda Motor Untuk Denpom III/2 Garut

Suara Garut

Puskesmas Wanaraja Butuh 10-15 Tabung Oksigen Per Harinya, Dinkes Garut Mengaku Kesulitan Bahan Baku di Distributor

Suara Garut

Beredarnya Paham NII di Garut BNPT RI Puji Pemkab Garut

Suara Garut

Ketua DK GMNI IPI : Konfercab GMNI Luar Biasa Atas Dasar Penyelamatan Organisasi

Suara Garut

Pemkab Garut Akan Berikan Bantuan Sosial Bagi Pegawai Hotel dan Restoran