Home / Kilas Daerah

Senin, 21 Juni 2021 - 12:09 WIB

Bupati Garut : Ada Pungutan Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Akan di Tindak Tegas

Kilas Garut News – Bupati Garut, Rudy Gunawan mengingatkan bahwa pemulasaraan jenazah Covid-19 adalah merupakan tanggung jawab dari Satgas (Satuan Tugas) Penanganan Covid-19. Hal ini disampaikan bupati dalam apel secara virtual di Kantor Command Center, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin (21/6/2021).

Sebelumnya, bupati dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada beberapa puskesmas yang sudah siap siaga dalam memberikan pelayanannya kepada masyarakat meskipun saat ini mempunyai sarana dan prasarana yang sangat terbatas.

“Nah tentu kami juga melihat kemarin kami keliling dengan para camat, saya mau mengecek memang kita semuanya bekerja keras. Saya terimakasih yang ada di lapangan, saya cek beberapa puskesmas juga dalam kondisi yang sangat siap untuk memberi pelayanan yang terbaik meskipun kita mempunyai sarana dan prasarana yang sangat terbatas,” ucap bupati.

Rudy Gunawan kambali menegaskan, pemulasaraan jenazah Covid-19 merupakan tanggung jawab Satgas Penanganan Covid-19. “Tentu kita juga bersyukur bahwa kita bisa melaksanakan apel pagi ini, dan saya harapkan semuanya dalam kondisi berikhtiar supaya yang meninggal dunia kita pulasara dengan baik dan saya ingatkan bahwa pemulasaraan jenazah Covid-19 itu adalah tanggung jawab satgas,” tegasnya.

Baca Juga :  DPMD Garut Gelar Deklarasi Damai Pilkades Tahap Pertama

Rudy menerangkan, tidak ada pungutan apapun dalam pemulasaraan Covid-19. Jika ada beberapa kendala di satgas kecamatan ataupun desa, maka bisa dilakukan komunikasi dengan satgas di tingkat kabupaten.

Baca Juga :  Kapolsek Sukawening Polda Jabar Rutin Laksanakan Patroli Gabungan di Masa PPKM Lanjutan

“Jadi kalau ada halangan-halangan, satgas di kecamatan, satgas di desa, satgas warga secara bergantian bisa komunikasi dengan satgas tingkat kabupaten,” ujarnya.

Bupati Garut menegaskan jika ada beberapa oknum yang melakukan tindakan pemungutan dana dalam pemulasaraan Covid-19, maka pihaknya akan melakukan tindakan yang tegas agar tidak terjadi hal demikian.

“Siapapun yang melakukan langkah-langkah tersebut akan ditindak dengan tegas, karena sekali lagi dari pemulasaraan sampai dengan pemakaman itu adalah tanggung jawab satgas. Selain tanggung jawab kita sebagai muslim, dan itu adalah fardu kifayah, kita punya kewajiban untuk mengurus jenazah sebagai sesama muslim,” pungkasnya. (Red***)

Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kilas Daerah

Kapolsek Batujaya Polres Karawang dan Pihak Terkait Hadiri Mediasi Pengajuan Redist Status Tanah Warga

Kilas Daerah

Rumah Warga Tertimpa Longsor Mengakibatkan Korban Jiwa di Cisompet Garut

Kilas Daerah

Bupati Garut Pimpin Rakor Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Bencana Hidrometeorologi

Kilas Daerah

Pemkab Garut Gelar Halal Bihalal di Situ Bagendit

Kilas Daerah

Bupati Garut Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Garut Pengucapan Sumpah Pergantian Antar Waktu

Kilas Daerah

Siap Siaga Terlihat Saat Polsek Cisurupan Polres Garut Bantu Bersihkan Lumpur Akibat Bencana Alam

Kilas Daerah

Revitalisasi Alun-Alun Garut Rampung, 22 Januari Diresmikan

Kilas Daerah

UKM Jurnalistik STAIM Garut Terima Materi Bijak Bersosmed Dari Diskominfo